Gubernur Olly Dondokambey Serahkan 1112 Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Kota Manado

oleh -
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat menyerahkan secara simbolis 1112 sertifikat tanah program Presiden Jokowi kepada masyarakat Kelurahan Buha Dan Bengkol pada Senin (7/1/2019) siang di Aula Mapalus Pemprov Sulut. (foto : inspirasikawanua.com/Maycle)

Inspirasikawanua.com – Pemprov Sulut, Sebanyak 1112 Sertifikat tanah diserahkan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada ribuan warga di Kota Manado, pada Senin (7/1/2019) diruang Mapalus Pemprov Sulut.

Penyerahan ribuan sertifikat tersebut, merupakan bagian dari program 5 juta sertifikat gratis Presiden Joko Widodo untuk membantu masyarakat memperoleh hak kepemilikan atas tanah dan untuk mengurangi sengketa tanah yang terjadi di wilayah Indonesia melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dalam sambutannya, Dondokambey mengucapkan selamat kepada seluruh warga penerima sertifikat tanah.

“Sertifikat ini adalah hadiah tahun baru bagi kita semua, baik bagi masyarakat maupun pemerintah karena bidang tanah yang terdata semakin lengkap,” kata Olly.

Olly menegaskan, penyerahan sertipikat ini merupakan upaya Presiden RI Joko Widodo untuk penataan.

“Mudah2an rencana presiden Jokowi ini untuk penataan tata ruang yang ada di Sulut khususnya dapat berjalan dengan baik. Itulah tugas pemerintah untuk hadir ditengah2 masyarakat, dan Program Jokowi ini harus didukung penuh agar dapat dirasakan secara langsung manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya

Lebih lanjut, Olly mengharapkan pihak ATR/Badan Pertanahan Nasional mampu menjangkau lebih banyak lagi desa dan kelurahan, baik di Manado maupun kabupaten dan kota lainnya di Sulut.

“Agar semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan pelayanan pensertipikatan tanah yang mudah, cepat dan menjamin kepastian hukum,” imbuh Olly.

Sementara itu, Kepala Kanwil BPN Sulut Freddy Kolintama mengatakan program strategis Presiden Jokowi kali ini untuk warga Kota Manado dan masih akan terus dilanjutkan hingga program tersebut selesai.

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Utara, Freddy Kolintama (foto : inspirasikawanua.com/Maycle)

“Capaian di tahun 2018 ini karena dukungan semua pihak, dan target proyek reformasi agraria ditahun 2019 sebanyak 93.000 bidang dimana 21.000 bidang target di kota Manado sehingga bisa menjadi kota lengkap,” terang Kolintama.

Dari wawancara kepada sejumlah penerima mengatakan program PTSL ini sangat bagus untuk warga, karena selain bebas biaya, mengurusnya pun lebih mudah.

“Saya bersyukur bisa memperoleh sertifikat melalui program PTSL. Ini sangat bagus untuk warga, karena selain bebas biaya, mengurusnya pun lebih mudah prosesnya hanya mendaftar di kantor lurah, kemudian datanya oleh pihak kelurahan di serahkan ke kantor BPN untuk selanjutnya diterbitkan Sertifikat Tanah,” ungkap Teddi Tangesow, salah satu warga Kelurahan Bengkol.

Diketahui, penyerahan simbolis1112 sertifikat tersebut untuk warga di Kelurahan Buha dan Bengkol.

Wefie Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Forkopimda Sulut, Kakanwil BPN sulut, masyarakat penerima sertifikat

Menariknya, usai penyerahan sertipikat tanah, Gubernur Olly melakukan wefie atau foto bersama dengan para penerima sertifikat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Se Sulut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut, Wakil Walikota Manado, Ketua DPRD Manado, Camat, Lurah se Kota Manado serta masyarakat penerima sertifikat. (Maycle)

 1,219 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *