1500 Pencaker Serbu Job Fair 2019 Disnakertrans Pemprov Sulut

oleh -
Suasana Job Fair 2019 yang di selenggarakan Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di IT Center Manado, Selasa (6/8/2019)

Inspirasikawanua.com Manado, Ribuan pencari kerja “serbu” Pameran Kesempatan Kerja Job Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut, yang berlangsung selama dua hari sejak Selasa (06/08) hingga Rabu (07/08) di IT Center Manado.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Pemprov Sulut, Erny Tumundo

Menurut Kadisnakertrans Provinsi Sulut Erny Tumundo, kegiatan Job Fair 2019 ini untuk mendukung program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dalam mengurangi angka pengangguran.

“Kegiatan Job Fair 2019 ini untuk mendukung Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) dalam mengurangi angka pengangguran, dengan tersedianya lapangan pekerjaan bagi para pencari kerja bisa mengurangi angka kemiskinan di Sulut,” kata Tumundo.

Tumundo menjelaskan bahwa “Job Fair” seperti ini juga telah dilaksanakan di tingkat Kabupaten maupun Kota yang ada di Sulut dan untuk tahun 2019 ini, Pameran Bursa Kerja juga telah dilaksanakan oleh kota Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara.

“Kami mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk bisa melaksanakan pameran bursa tenaga kerja seperti ini, agar para pencari kerja yang ada di kabupaten/kota lebih menjangkau untuk pencari kerja yang ada di kabupaten dan kota. Karena setiap pelaksanaan Job Fair selalu menyerap tenaga kerja sebanyak 60-65 persen pencaker,” imbuh Tumundo.

Selain itu, Tumundo juga mengungkapkan sebelum Job Fair kali ini dibuka, para pencari kerja telah mendaftarkan diri melalui e-bursakerja.kemnaker.go.id., dan masih memberikan kesempatan bagi pencaker yang mendaftar secara manual.

“Kami sudah memulai dengan pendaftaran secara online lewat aplikasi e-bursakerja yang ada, dan dari aplikasi ini, yang sudah mendaftar secara online kurang lebih 1.500 pencaker. Kami juga melihat bahwa tingkat pendidikan yang dibutuhkan dari perusahaan-perusahaan terbanyak SMA SMK dan sarjana S1, sehingga walaupun sudah ada aplikasi bagi pencaker, kami juga melayani pendaftaran secara manual,” ungkap Tumundo

Ditambahkannya, dalam Job Fair 2019 kali ini diikuti sebanyak 52 Perusahaan yang bergerak di sektor ritel, perbankan, dan industri dengan ketersediaan 2.500 lowongan kerja.

Kedepannya,Job fair seperti ini akan mengundang perusahaan tambang yang memiliki potensi lebih banyak menyerap tenaga kerja.

Dan kegiatan yang sama akan dilanjutkan oleh Kemenaker RI pada tanggal 08 – 09 Agustus 2019 di Kawanua Hotel Manado.(Maycle Soputan)

 492 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *