ULA ODSK Biro Umum Setdaprov Sulut, Perwujudan Program Prioritas Reformasi Tata Kelola Pemerintahan OD-SK

oleh -

Inspirasikawanua.com – Pemprov Sulut, Komitmen yang tinggi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw untuk mereformasi birokrasi tata kelola pemerintahan yang baik di lingkup Pemprov Sulut, membuat para ASN harus mampu lebih kreatif dan inovatif dalam memimpin Perangkat Daerah yang diembannya.

Sesuai dengan salah satu visi pasangan Gubernur dan Wagub yang akrab di singkat dengan sebutan OD-SK, yakni berdaulat dalam Pemerintahan, serta dengan misi yakni Memantapkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing, dan juga untuk mewujudkan Sulawesi Utara yang berkepribadian melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Memasuki HUT Provinsi Sulawesi Utara yang ke 55 dan disaat OD-SK yang kepemimpinannya memasuki 3,5 tahun lebih ini, sudah banyak perubahan yang signifikan didalam reformasi tata kelola pemerintahan dimana salah satunya yakni pelayanan birokrasi di lingkup Pemerintahan Provinsi Sulut saat ini.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, dukungan penuh melalui kreatifitas yang sangat inovatif yang dilakukan salah satu Perangkat Daerah, yaitu Biro Umum Setda Prov Sulut yang dipimpin Clay J. H Dondokambey mampu mengaplikasikan salah satu program prioritas tersebut dengan membuat ULA ODSK (Unit Layanan Administrasi Olah Dokumen Sesuai Ketentuan).

Clay Dondokambey akhirnya berhasil terpilih menjadi juara pertama atau paling inovatif dengan inovasi ULA ODSK nya, yang membuat inovasi status dokumen dapat dicek secara online dan memperoleh penghargaan dari Gubernur yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang saat Pameran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Provinsi Sulawesi Utara, pada (19/6/2019) yang lalu.

Menurut Humiang, inovasi ULA ODSK dari Biro Umum mampu mengubah tata kelola pelayanan lebih baik lagi.

“Dalam Pameran kompetisi pelayanan publik kali ini tidak saja menjadi ajang untuk menunjukkan inovasi pelayanan publik yang terbaik, namun juga menjadi sarana bertukar informasi bagi pelaksana pelayanan publik untuk menciptakan ataupun melaksanakan pelayanan publik yang lebih baik kedepan”.

 

Dilanjutkannya, “Program ULA OD-SK ini menjadi program pelayanan administrasi pemerintahan yang paling efektif, efisien dan prima serta berkualitas sehingga membuat kontribusi positif bagi proses tumbuh kembang daerah. Dan melalui program ini mampu mewujudkan program prioritas OD-SK dalam reformasi tata kelola pemerintahan.”

 

Sikap rendah hati ditunjukkan, Kepala Biro Umum Setda Sulut Clay June Dondokambey yang menuturkan bahwa prioritas utama adalah pelayanan administrasi yang prima.

“Capaian prestasi yang diperoleh dapat menjadi motivasi bagi semua tim kerja supaya lebih giat bekerja dalam memberikan pelayanan terbaik, tetapi juga sebagai tanda “awas” dan kontrol sosial untuk meminimalisir deviasi dan menghindari kesalahan. Tak lupa juga, saya berterimakasih support teman-teman media,”ungkap Karo Clay.

Dengan tata kelola pemerintahan yang semakin baik, akan menjadikan Sulawesi Utara semakin hebat ditahun-tahun yang akan datang. (Maycle Soputan)

 1,325 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *