World Cleanup Day 2019, Ini Yang Dilakukan Penjabat Hukumtua Kima Bajo

oleh -
Foto: Pj Hukumtua Kima Bajo saat membersihkan sampah di pinggir pantai sekaligus mengedukasi sejak dini kebersihan kepada anak-anak.

Inspirasikawanua.com – Minahasa Utara, World Cleanup Day 2019 tahun ini dilakukan serentak di 158 negara termasuk di Indonesia di Sulut terlebih di Kabupaten Minahasa utara dilakukan di beberapa titik kegiatan tersebut termasuk di Desa Kima Bajo Kecamatan Wori.

Hal itu disampaikan Eka Muchaimin kordinator Kabupaten yang didampingi Kordinator wilayah Wori Garce Marlen dalam kegiatan ini.

Menurutnya diperkirakan ada 2000 relawan yang ikut dalam kegiatan pembersihan ini.

“Untuk panitia sendiri kami di kabupaten ada 35 orang personil dan ini juga dilakukan dibeberapa titik di wilayah Minut,” ungkapnya.

Sementara itu penjabat Hukumtua Kima Bajo Alfian L Alitu yang didampingi Kepala Sekolah SD Negeri Kima Bajo Delli Emor mengatakan jika pihaknya sengaja melibatkan anak sekolah dasar dalam kegiatan ini agar bisa mengedukasi mereka sejak dini untuk membersihkan lingkungan.

“Untuk kegiatan seperti ini tidak hanya kali lakukan istilahnya ‘tiba saat tiba akal’ jadi tanpa ada World Cleanup Day 2019 ini, setiap weekend kami pemerintah desa selalu melakukan giat bersih-bersih seperti ini,” ungkap Alitu.

Diungkapkan Alitu, sangatlah penting adanya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sebab banyak sampah didominasi dengan sampah plastik.

Terpisah, tokoh masyarakat Sulfakar Djangoan sangat mengapresiasi kegiatan bersih-bersih lingkungan itu.

“Ini bagus sekali dan luar biasa, apalagi desa ini adalah desa pariwisata kalau perlu setiap bulan harus ada kegiatan seperti ini,” harapnya.

Dari data yang dihimpun, terdapat
78 anak SD yang mengikuti kegiatan tersebut dan 30 karung sampah yang berhasil dikumpulkan.(Josua)

 868 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *