Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Bolmut, Wagub Kandouw Salurkan Bantuan

oleh -

Bolmut, Inspirasikawanua.com – Sejumlah rumah, kendaraan milik warga dan fasilitas umum yang berada di 5 Kecamatan di Kabupaten Bolmut mengalami kerusakan akibat terjangan banjir bandang pada awal pekan lalu.


Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pun telah mengambil langkah dengan menyalurkan bantuan.

Terkait kondisi di daerah tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw meninjau langsung Desa Pangkusa dan Suka Makmur di Kecamatan Sangkub dan Desa Huntuk di Kecamatan Bintauna Bolmut, Sabtu (7/3/2020).

Saat meninjau lokasi bencana, Wagub Kandouw memastikan komitmen Pemprov Sulut untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana.

“Untuk rumah yang rusak berat kita bangun baru, sementara yang rusak ringan akan kita lakukan rehab,” kata Kandouw.

Lebih lanjut Wagub mengungkapkan, sesuai arahan Gubernur saat ini bantuan lebih difokuskan pada kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat termasuk pembukaan akses jalan yang sempat tertimbun material yang terbawa banjir.

“Sejumlah titik yang tertimbun material sudah di tempatkan beberapa alat berat oleh Pemprov Sulut, agar akses warga segera terbuka,” lanjutnya.

Menurut Wagub Kandouw, kehadiran Pemprov Sulut dilokasi bencana merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat.

“Ke Palu saja torang bawa bantuan, apalagi saudara-saudara kita di Bolmut ini. Pak bupati segera menyurat kepada Gubernur Sulut untuk mendapatkan perhatian khusus bahwa bencana di Bolmut dinyatakan sebagai darurat bencana,” jelas Kandouw

Selain itu, Wagub Kandouw pun mengatakan mengingatkan kebersamaan masyarakat Bolmut untuk melewati kondisi saat ini.

“Masyarakat harus saling bantu, saling mendukung bersama dan kita ringankan korban bencana dengan baku-baku bae baku-baku sayang,” tutur Kandouw.

Turut hadir dalam peninjauan ini, Sekdaprov Edwin Silangen dan Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh, para pejabat di lingkup Pemprov Sulut dan Pemkab Bolmut. (*)

 400 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *