Media Harus Informasikan Soal Virus Corona Secara Benar, Gubernur Minta Informasi Dari Narasumber Yang Berkompeten

oleh -
Foto: Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey

Manado, Inspirasikawanua.com – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey meminta agar kalangan media dan pemberitaan diminta untuk tidak memperkeruh keadaan dan memberi unsur edukasi dalam mengangkat topik soal virus corona, khususnya adanya isu yang menyatakan virus corona masuk ke Kota Manado.

“Untuk topik virus Corona masyarakat dinilai memerlukan asupan informasi yang menetralkan suasana, menberi kejelasan dan edukasi.”ujar Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam himbauannya kepada masyarakat dan publik di Kota Manado bahkan di Sulut, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Olly, media dan pemberitaan ikut bertanggung jawab dalam membentuk persepsi dan anggapan terhadap suatu kejadian terlebih masuknya virus Corona. Media diharapkan untuk tidak membesarkan masalah namun sebaliknya juga tidak menggampangkan situasi yang ada.

“Saya minta insan pers di Sulut untuk tidak  memberi informasi simpang siur di tengah keresahan dan ketegangan yang terjadi.Akan tetapi media diharapkan dapat menyebarkan informasi yang baik, benar, seimbang dan  berimbang agar masyarakat tidak semakin panik dan semakin menambah kegaduhan di masyarakat.”,ujar Olly.

Namun demikian kata Olly, upaya dan kerja-kerja Pers tetap dilaksanakan terkait pemberitaan soal Virus Corona dengan menghadirkan orang yang berkompeten sehingga dapat menyampaikan informasi yang benar, bagaimana virus menginfeksi masyarakat beserta  pencegahan dan penanganan.

“Ditengah perkembangan teknologi saat ini dimana masyarakat dengan mudah dapat mengakses informasi, maka insan pers dan media harus berhati hati menggarap dan mengangkat isu soal virus corona di Indonesia,” tandas Olly sambil menegaskan informasi dan berita yang keliru akan memuculkan persepsi, anggapan dan cara berfikir di masyarakat yang salah juga. (*)

 910 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *