Gubernur Dan Wagub Sulut Tetap Jalankan Rutinitas Di Tengah Pandemi Covid 19

oleh -

 

 

 

Manado, Inspirasikawanua.com – Situasi dan kondisi aktivitas saat ini yang belum normal akibat merebaknya Pandemi Virus Corona atau Covid-19, tidak menyurutkan rutinitas dari kepala Pemerintahan di provinsi Sulawesi Utara.

Gubernur Olly Dondokambey maupun Wagub Steven Kandouw terus menjalankan roda pemerintahan di daerah ini, baik dengan melakukan pertemuan terbatas (Ratas) maupun secara Virtual atau Video Conference, dengan stakeholder seperti Forkopimda, Tokoh Agama, para Bupati dan Walikota serta pejabatnya di lingkup Pemprov Sulut.

Sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi Sulut, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bergerak cepat menindaklanjuti Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemda.

Dimana, PerGub ini mengatur tentang kewenangan daerah untuk memberikan bantuan sosial bagi kelompok masyarakat dengan penghasilan rendah yang terdampak corona.

Untuk itu, Gubernur Olly didampingi jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Kandouw dan Sekdaprov Edwin Silangen melakukan rapat lewat Video Teleconference dengan Bupati dan Walikota se- Sulut dari Kantor Gubernur pada Selasa (31/03/2020) lalu.

Selain itu, Gubernur Olly juga memberikan arahan kepada Bupati dan Walikota yang juga Ketua Gugus Tugas di Kabupaten dan Kota untuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

Adapun bantuan tersebut dapat bersumber dari refocusing kegiatan, realokasi anggaran sebagaimana amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang penanganan Covid-19.

“Provinsi dan Kabupaten/Kota bisa siapkan dana untuk bersama-sama menangani Corona di Sulut,” kata Gubernur Olly saat itu usai mengikuti video teleconference.

Gubernur Olly juga meminta masyarakat untuk menunda mudik jelang Lebaran 2020 di tengah pandemi Corona agar Covid-19 tidak menyebar lebih luas seiiring pergerakan masyarakat dari satu kota ke kota Iain.

“Kita harus sama-sama mencegah penyebaran ini. Kesepakatan bersama, semua kepala daerah mengimbau nanti masuk Bulan Puasa, kalau boleh jangan dulu Mudik,” ujar Gubernur Olly.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw melakukan Rapat Terbatas (Ratas), maupun melalui Video Conference atau Virtual dengan para Pimpinan SKPD dalam menindaklanjuti program kerja instansi masing-masing di masa Pandemi Covid-19 ini.

Bahkan Wagub Kandouw juga sempat mewakili Gubernur dalam menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Tahun Anggaran 2019 di DPRD Sulut yang diikuti baik secara terbatas jumlah peserta rapat, sedangkan anggota DPRD Sulut lainnya mengikuti secara Virtual dari rumah mereka masing-masing. (*)
Advetorial Dinas Kominfo Pemprov Sulut

 328 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *