Diduga Jadi Dalang Dibalik Sukarnya Warga Minut Mengurus Visa Ke Amerika, Stenly Lengkong Bawa Puluhan Warga Minut Ke Amerika Tidak Balik Dan Diduga Jadi Pekerja Ilegal

by -
Foto: Stenly Lengkong

Minahasa Utara, Inspirasikawanua.com – Dibalik sukarnya bahkan sampai tidak bisa keluar saat mengurus Visa untuk ke Amerika jika berasal dari Minut atau dengan KTP Minut, diduga ada penyebabnya.

Hal ini diketahui, setelah ada beberapa warga Minut yang ingin mengurus Visa Ke Amerika tidak bisa mendapatkan Visa hingga saat ini.

Kepada wartawan media ini, salah satu tokoh di Minut yang minta namanya untuk tidak di publis dulu, menuturkan hal tersebut ada penyebabnya.

Menurutnya, pada tahun 2016 yang lalu LSM Mapatu dengan Ketua Tim Stenly Lengkong membawa Puluhan Rombongan warga Minut datang berkunjung ke Amerika dengan Visa Turis.

“Setelah beberapa waktu berjalan yang kembali hanya beberapa orang, termasuk Ketua Tim Stenly Lengkong. Dan sisanya sudah tidak kembali lagi ke Minut. Dengan kata lain menjadi pekerja ilegal di Amerika,” beber sumber yang tidak ingin namanya disebut tersebut.

Lanjutnya, diduga karena hal tersebut sehingga sampai saat ini bila warga dari Minut sulit bahkan tidak bisa memperoleh Visa dengan tujuan Amerika, karena sudah terdata di kedutaan Amerika jika bemasalah.

Dengan kata lain, nama Minut sudah rusak dalam hal mengurus visa ke Amerika. Bahkan pada tahun 2019 yang lalu, rombongan Bupati tidak bisa keluar Visa-nya karena masalah ini.

Sementara itu, Stenly Lengkong lewat Grup WhatsApp I Love Minahasa Utara saat dikonfirmasi terkait masalah ini menuliskan bahwa jika yang berangkat pada waktu itu telah membuat perjanjian dengan LSM Mapatu untuk harus balik ke Indonesia. Dan mereka yang berangkat sudah melanggar perjanjian.

“dorang itu yg ada berangkat ada perjanjian dgn LSM Mapatu harus balik ke Indonesia.

dorang yg da berangkat yg so melanggar perjanjian” tulis Lengkong di WA Grup

Lebih lanjut, Lengkong menegaskan jika masalah ini bukan urusan dari wartawan yang mempertanyakan hal ini.

“soal yang bukang ngana pe urusan.
jangan ngana sok mo cari tau,” tambah Lengkong saat menulis pada WA Grup I Love Minut. (Josua)

 3,118 total views,  8 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *