Terobosan Ollynomics Picu Pertumbuhan Ekonomi Sulut Di Atas Nasional

oleh -

Manado, Inspirasikawanua.com – Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara dalam beberapa tahun terakhir sudah berada diatas nasional, ini terlihat dari indikator ekonomi yang semakin baik dan angka pengangguran yang menunjukkan adanya penurunan.

Menurut akademisi Gerdi Worang, hal itu bisa terjadi karena sejumlah terobosan terhadap perekonomian oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau Ollynomics, sehingga kemajuan begitu terlihat saat ini di Sulawesi Utara.

“Ollynomics merupakan sebuah terobosan besar pada perekonomian Sulut dan mampu mensinergikan berbagai kebijakan serta kepentingan rakyat dan untuk rakyat dan tidak dipelajari di universitas manapun. Ollynomics itu adalah pemikiran
ODSK untuk mencari cara mencapai tujuan bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara, karena pasangan OD-SK adalah pemimpin yang ahli dibidang ekonomi & politik,” kata Worang, yang mantan aktivis Unsrat diera tahun 80-an ini.

Foto : Gerdi Worang

Worang menjelaskan, Ollynomics bisa memotong mata rantai birokrasi sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya secara langsung.

Hubungan dengan pemerintah pusat begitu baik sehingga dana-dana dari pusat yang masuk ke daerah ini juga meningkat dan nilai investasi naik beberapa kali lipat.

Salah satu contoh Ollynomics dapat dilihat melalui program penerbangan langsung bebas visa yang membawa dampak bagi pariwisata Sulut yang semakin maju serta dapat menumbuhkan perekonomian.

Saat ini pemerintah juga sedang berjuang melakukan lobi untuk menurunkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) produk pertanian sebesar 10 persen menjadi 1 persen agar bisa meningkatkan Nilai Tukar Petani. Ini yang bisa di intervensi oleh pemerintah, karena yang menentukan harga komoditi adalah mekanisme pasar.

Terobosan lain dari Ollynomics ini yakni melalui pembangunan KEK pariwisata dan KEK Bitung, pembangunan jalan tol, bendungan Kuwil untuk membantu kebutuhan listrik masyarakat.

Pembangunan di wilayah Bolaang Mongondow juga secara langsung dipantau bahkan diseriusi menjadi bukti Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut saat ini hadir bukan hanya menjadi pendengar namun menjadi orang yang mampu memberikan perubahan serta bukti nyata.

Lebih lanjut, Worang mengatakan semua sektor dapat merasakan dampak dari Ollynomics, dimana Gubernur Olly dan Wagub Steven dapat menjembatani kebutuhan masyarakat Sulut dalam membawa pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, bahkan dimasa pandemi covid 19, tetap berbagai hal dilakukan termasuk dalam sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan bantuan bantuan dalam menumbuhkan perekenomian kecil lewat UMKM sehingga masyarakat terus merasakan dampak dari peran pemerintah saat ini. (*Maycle/Steven)

 904 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *