Pemdes Batu Selesai Melakukan Evaluasi RAPBDes 2023

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Batu, Kecamatan Likupang Selatan (Liksel), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (12/4/2023) selesai mengikuti evaluasi rancangan peraturan desa tentang APBDes tahun anggaran 2023. Kegiatan evaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes)
yang diikuti Pemdes dan BPD Batu tersebut berlangsung di kantor Dinsos PMD.

Kepada media ini Kepala Bidang (Kabid) PMD Ronny Manajang menuturkan, jika percepatan kegiatan evaluasi RAPBDes ini sesuai arahan pimpinan dan tingga beberapa desa yang belum melaksanakannya.

“Percepatan evaluasi dilakukan lebih awal agar program-program di desa bisa terealisasi tanpa ada keterlambatan. Tentunya dengan penyusunan anggaran yang sesuai aturan,” kata Manajang.

Baca juga:  Hujan Deras Makan Korban Di Minut, Selamatkan Adik, Remaja Desa Kaima Meninggal Terseret Arus Drainase

Sementara itu Hukum Tua desa Batu Wilhelmina V Rottie SPd mengatakan jika evaluasi APBDes ini sangat penting diikuti untuk melihat pemanfaatan dana desa apa sudah sesuai atau selaras dengan regulasi yang ada. Lanjutnya, hampir semua aparatur Pemdes dan BPD desa Batu turut hadir dalam kegiatan ini.

“Ini penting agar kita semua juga dapat mengetahui memahami tentang aturan dalam penggunaan dana yang masuk dalam APBDes. Agar juga dapat mengerti tujuan dari pada evaluasi ini untuk melihat kegiatan yang akan di laksanakan oleh desa Batu pada tahun 2023 ini,” beber Wilhelmina.

Baca juga:  Raup 73 Suara, Profesor Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng Terpilih Rektor Unsrat 2022-2026

Lanjut Hukum Tua, dengan evaluasi ini pihaknya bisa memperbaiki kegiatan mana yang tidak sesuai dengan regualasi. Dan setelah evaluasi ini apa yang menjadi kesalahan dapat dicarikan solusi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penetapan dan pelaksanaanya.

Hadir dalam rapat evaluasi APBDes desa Batu, dari Dinas Sosial dan PMD, Kabid PMD Ronny Manajang, Analisis Kebijakan sub dan Koordinator Seksi Kerjasama Gerda A.T. Maukar SE, John. J.F. Toar, Pemdes dan  BPD desa Batu. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *