Jelang 400 Tahun, Pemkot Manado Bakal Gelar Manado Fashion Week 2023

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Menjelang Hari Ulang Tahun Kota Manado yang ke-400, Pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Bank Mandiri bakal menggelar kegiatan Urban Festival, Manado Expo dan Manado Fashion Week 2023 yang akan dimulai pada 11–16 Juli 2023 berlokasi di Manado Town Square 3.

Kegiatan yang bertemakan “Celebrations of Culture” ini merupakan pertalian yang unik karena memadukan konsep kriya, UMKM, perbankan dan fesyen.

Urban Festival sendiri akan lebih fokus kepada ruang lingkup pemberdayaan pengrajin kriya (kain) untuk dapat menjadi sebuah  produk lokal yang memiliki kualitas dan kompetensi berskala nasional dan bahkan internasional.

Sedangkan Manado Expo ruang lingkupnya adalah penguatan dan branding UMKM sebagai produk yang mampu bersaing dan memiliki inovasi sehingga dapat diterima masyarakat.

Manado Expo akan menghadirkan pameran produk UMKM dan juga diikuti oleh kabupaten/kota dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Manado Fashion Week 2023 merupakan ajang yang pertama kali dilaksanakan secara resmi di Manado dan akan terfokus pada penguatan produk kain daerah sebagai kekuatan kearifan lokal Sulawesi Utara.

Baca juga:  Bersumber Dandes Tahap II 2023, Pemdes Lantung Bangun Dapur Polindes

Karena industri kerajinan adalah industri yang mampu berinovasi dan beradaptasi dalam berbagai situasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Produk fesyen berbasis budaya dan kolaborasi antara modern dan lokal konsep menjadi tren dan inspirasi busana yang terus menguat.

Dengan kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri fesyen, Manado Fashion Week 2023 akan menjadi perayaan budaya dengan memanfaatkan kearifan budaya lokal dalam konteks masa kini dan masa yang akan datang.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong produk UKM dan IKM lokal mendunia dengan memberi ruang bagi industri kerajinan memunculkan kreatifitas dan inovasi demi peningkatan usaha.

Melalui kegiatan ini bisa mengedukasi dan merangsang pemahaman pengrajin untuk mempromosikan produk mereka secara aktif dan komprehensif serta memperkenalkan Kota Manado sebagai kota fesyen di Asia Pasifik

Dalam konferensi pers, Area Head Manado Bank Mandiri Eddy Efrata Sinulingga mengatakan Bank Mandiri sebagai pendukung acara ini merasa sangat bangga karena dapat bekerjasama dengan Pemkot Manado dalam rangkaian HUT Manado 400 tahun.

Baca juga:  Ringkuangan Ajak Pers Bersinergi Bangun Kota Tomohon

“Bank Mandiri selalu mendukung inovasi budaya yang berujung kepada peningkatan ekonomi mikro sebagai bagian penting dari suistanable development project of economic growth yang selama ini Bank Mandiri laksanakan,” ujar Eddy.

Sementara itu Ketua panitia HUT Kota Manado yang juga sebagai Asisten Administrasi Umum Pemkot Manado Harke Tulenan mengatakan bahwa pemerintah menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Urban Fest, Manado Expo dan Manado Fashion week 2023 yang dapat mempromosikan Manado.

“Momentum HUT 4 abad ini kita jadikan sebagai momentum untuk membuat gebrakan baru dengan memunculkan berbagai kreatifitas dalam berbagai hal untuk pembangunan daerah,” kata Tulenan

Berdasarkan informasi dari pelaksana kegiatan, terinformasi sebanyak 15 perancang busana, 400 model, dan akan dimeriahkan juga oleh artis ibukota diantaranya Jovie n Nuno, stand up komedian Mongol, Judika dan Tulus akan terlibat dalam acara ini. (*/Jojo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *