Unsrat Manado Sosialisasi SNPMB Perguruan Tinggi Negeri 2024 Bagi SMA, SMK, MA, dan MAK Se-Sulut, Begini Tahapannya

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengadakan Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2024, kepada seluruh kepala SMA, SMK, MA, dan MAK yang berada di wilayah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Sosialisasi SNPMB tahun 2024 tersebut, dilakukan secara luring maupun daring oleh Tim Sosialisasi UNSRAT pada Rabu (28/2/2024) bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Gedung Rektorat Unsrat.

Rektor Unsrat melalui Wakil Rektor Bidang Akademik (WR 1) yang juga selaku Ketua SNBP/SNBT Unsrat tahun 2024, Prof. Dr. Ir. Grevo S. Gerung, MSc mengatakan sosialisasi perlu dilakukan agar calon mahasiswa baru dapat memahami dengan benar tata cara SNPMB tahun ini yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Prof. Grevo Gerung, Unsrat akan menerima sebanyak 6.317 orang calon mahasiswa baru di tahun 2024, melalui tiga jalur SNPMB yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Mandiri.

Baca juga:  Rektor Unsrat Hadiri Road to Grand Book Launching – Keeping Indonesia Safe From the Covid-19 Pandemic

“Kuota untuk jalur SNBP sebesar 20 persen, untuk SNBT 40 persen, dan Mandiri 30 persen, sedangkan kuota 10 persen sisanya fleksibel,” ujar Prof Grevo Gerung.

Prof Grevo Gerung mengatakan bahwa dalam SNPMB di tahun ini terdapat perbedaan, dimana bila calon mahasiswa yang lulus dalam SNBP tidak bisa lagi mendaftar melalui jalur seleksi lainnya. Begitu juga halnya bagi yang lulus melalui jalur SNBT, tidak bisa mengikuti seleksi Mandiri.

“Sesuai Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023, sistem yang digunakan pendaftar saat ini berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tidak lagi berdasarkan nama saja. Jadi calon mahasiswa baru kalau sudah mendaftar dan lulus, tidak lagi bisa masuk melalui seleksi yang lain,” terangnya.

Lanjut dia, dalam SNPMB ini setiap calon mahasiswa diperkenankan mendaftar SNBP dengan memilih dua program studi, di mana pilihan pertama adalah pilihan utama dan pilihan kedua hanya pilihan alternatif.

Baca juga:  Terbaik Pengelolaan Arsip, Dispersip Kota Manado Wakili Sulut

Jika calon mahasiswa itu sudah lulus di salah satu program studi, walaupun bukan merupakan pilihan utamanya maka mau tidak mau, calon mahasiswa itu sudah harus kuliah di program studi tersebut. Dan jika calon mahasiswa tidak memanfaatkannya, maka akan dianggap mengambil jatah orang lain.

Terkait penggunaan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), dia juga mengingatkan bagi para calon mahasiswa baru agar pada saat mendaftar seleksi harus menyertakan KIPK karena tidak akan diberikan jika diurus setelah sudah lulus tes. Kecuali untuk beasiswa aspirasi yang berasal dari DPR-RI bisa digunakan bila setelah lulus dan masuk kuliah bisa. (Jojo)

Berikut link Informasi SNPMB 2024:

INFORMASI-SNPMB-2024

Loading