Baku Malendong Sampah di Manado, Gubernur Olly Ajak Pemkab dan Pemkot Bekerjasama

oleh


Manado, Inspirasikawanua.com – Wajah ibukota provinsi Sulawesi Utara begitu kotor, pasca banjir beberapa waktu lalu yang menyisakan menumpuknya sampah di sejumlah titik yang ada di Kota Manado.

Oleh karenanya, Gubernur Olly mengambil langkah bersama Forkopimda, melakukan kerja bakti pembersihan sampah, yang dilakukan oleh Perangkat Daerah (PD) Pemprov Sulut secara serentak sesuai pembagian tugas di beberapa kecamatan dan kelurahan di kota Manado.

Pembersihan sampah kemudian diangkut oleh truck sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di 3 (tiga) wilayah kabupaten/kota.

Dalam jumpa pers, Gubernur mengatakan bahwa sebagian besar tempat pembuangan sampah di Sumompo sudah penuh, makanya kita koordinasi dengan kabupaten Minahasa, di mana ada lokasi tempat pembuangan sampahnya yang masih belum maksimal dimanfaatkan.

Baca juga:  Praktisi Perumahan: Program 10.000 Rumah Tidak Realistis

Kemudian Gubernur Olly meminta agar sampah-sampah kota Manado untuk sementara diangkut ke sana supaya penanganan sampah di Sulawesi Utara, khususnya kota Manado bisa tertangani.

“Sampah-sampah yang ada di kota Manado, kita akan bawa ke wilayah Minahasa, Minut dan Bitung. Kita bisa pakai, sambil menunggu tempat regional pengolahan sampah selesai.Supaya masyarakat Sulawesi Utara, khususnya kota Manado merasakan kehadiran Pemerintah,” jelasnya.

“Selain itu juga, pengangkutan sampah sudah dilakukan beberapa hari ini, dan kita tangani dulu, selanjutnya nanti kita koordinasi dengan Walikota ketika alat penanganan sampah di Sumompo sudah ada,” tambahnya.

Lebih jauh, Gubernur mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terlibat langsung dalam penanganan darurat sampah di kota Manado karena Manado adalah pusat perekonomian Sulut.

“Kalau Manado tidak bersih, bagaimana pengunjung akan datang ke Sulawesi Utara? Jadi ini menjadi tanggung jawab kita semua dan tentu kita libatkan Forkopimda,” tandasnya.

Semua Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Sulut begitu bersemangat melakukan kerja bakti sesuai lokasi yang sudah ditentukan maupun juga bersemangat mengangkat sampah sampai ke truk pengangkut. Tujuannya hanya satu, agar kota Manado bersih dan terhindar dari bau tak sedap yang dapat membawa berbagai macam penyakit.

Baca juga:  Pelabuhan Kahuku, PLTS Dan Jalan Penghubung 4 Desa Di Pulau Bangka Segera Dibangun

Harapan Gubernur ini adalah sinergitas pemerintahan itu harus ada, supaya kita dapat menangani persoalan-persoalan darurat yang tidak bisa kita tangani sendiri. Dapat tertanggulangi dengan mudah bersama Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wagub Steven Kandouw, Forkopimda Sulut, Sekdaprov Edwin Silangen dan Jajaran Pemprov. Sulut. (Dkips/ik)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *