Cegah Pungli, PD Pasar Manado dan Mitra Usaha Tandatangani Pakta Integritas

oleh

Manado, Inspirasikawanua.com – Langkah perubahan memperbaiki kondisi di dalam manajemen PD Pasar Kota Manado mulai dilakukan jajaran Direksi dalam menjalankan program kerja revolusi mental untuk mendukung visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado.

Salah satunya dengan penanganan Pakta Integritas “No Pungli” bersama 70 Mitra Usaha/Pedagang yang ada di wilayah PD Pasar Kota Manado dengan Manajemen PD Pasar, Jumat (3/9/2021) di New Bendar 45 Manado.

Kegiatan diawali oleh Sekretaris PD Pasar Arnold Makawiahe, yang membawakan sambutan.

Kemudian Direktur PD Pasar, Roland Roeroe menyampaikan maksud dan tujuan di lakukan penandatanganan Pakta Integritas tersebut kepada Mitra usaha/pedagang.

“Kami mengajak dalam satu visi membangun pasar tradisional untuk kenyamanan bagi pedagang dan pembeli. Dan diharapkan sinergitas dapat terbangun dengan positif, agar usaha para mitra usaha maupun pedagang ini maju,” jelas Roeroe.

Menurut Roeroe, bila ada yang melakukan pungli, bisa melaporkan kepada manajemen.

Baca juga:  Sisco Manossoh Resmi Nahkodai PEWARNA INDONESIA Sulut Periode 2020-2025

“Pasar ini harus jadi bangunan rakyat, dan rakyat harus menikmati. Yang paling penting komitmen mitra usaha/pedagang tidak akan menawarkan suap bagi karyawan, bila ada tolong dilaporkan karena banyak celah mengundang kejahatan pungli terjadi,” kata Roeroe

Lebih lanjut, Roeroe mengingatkan akan adanya sanksi sesuai peraturan perusahaan, yaitu pemecatan bagi jajaran PD Pasar yang melanggar.

Namun, akan ada klarifikasi dan investigasi agar tidak terjadi kriminalisasi dan politisasi. Tidak ada fitnah, tidak ada hoaks.

Sementara sanksi bagi mitra usaha/pedagang, akan di cabut kerjasamanya.

Diketahui, penandatanganan Pakta Integritas telah di awali oleh 70 pedagang. Dan akan terus dilanjutkan dengan semua mitra usaha dan pedagang lainnya di lingkup PD Pasar Kita Manado.

Hadir jajaran direksi PD Pasar, Dewan Pengawas PD Pasar, Manajemen, Mitra Usaha dan Pedagang. (Maycle)

Berikut ini isi Pakta Integritas tersebut :
Dengan ini menyatakan janji dan komitmen dalam mematuhi untuk menghindari pemberian pungutan liar kepada karyawan PD Pasar Kota Manado yang telah di atur dalam peraturan serta perundang-undangan yang berlaku untuk menuju masyarakat sehat, aman dan produktif. Dengan menyatakan :
1. Bersedia tidak memberikan uang, barang dan jasa sebagai pungutan-pungutan liar atau suap kepada karyawan PD Pasar Kota Manado.

Baca juga:  Empati Korban Bencana Banjir dan Longsor, FreshMart Kerahkan Puluhan Karyawan Lakukan Wujud Bakti Bagi Masyarakat

2. Bersedia menginformasikan dan melaporkan kepada Pimpinan PD Pasar Kota Manado atau yang berwenang jika menemukan atau mendapatkan serta mengetahui jika ada pungutan-pungutan liar.

3. Bersedia ikut serta dan mendukung dalam upaya mencegah terjadinya “pungutan liar” di lingkungan tempat berusaha/berjualan di wilayah PD Pasar Kota Manado.

Apabila saya tidak mentaati dan mematuhi hal-hal yang telah saya nyatakan dalam pakta integritas ini saya bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tertanda
Dirut PD Pasar
Roeland Roeroe

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *