HUT ke – 57 Provinsi Sulut, Sabet Beragam Penghargaan dan Prestasi di Tengah Pandemi

oleh

Manado, Inspirasikawanua.com – Puncak acara HUT ke – 57 Provinsi Sulawesi Utara yang jatuh pada tanggal 23 September 2021, dilaksanakan dengan upacara pengibaran bendera di halaman kantor Gubernur, dan disiarkan secara live oleh stasiun televisi, radio serta channel youtube Pemprov Sulut.

Dengan maksud agar masyarakat dapat mengikuti dan menikmati keseluruhan acara yang di kemas secara visual terkait kilas balik sejarah, launching aplikasi dan tampilan vidio atas Penganugerahan Gubernur Terpopuler di media digital AHI 2021.

Sedangkan untuk penyerahan penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur yang tentu membahagiakan bagi penerima.

Dengan di rayakannya HUT ini, menguatkan masyarakat bahwa walaupun di tengah pandemi serba terbatas tapi tidak membatasi ruang dan waktu untuk terus berkomunikasi dan mendorong untuk siap berubah masuk di era digitalisasi ini.

Capaian keberhasilan dan penghargaan ada begitu banyak yang diraih oleh Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan OD-SK.

Setelah upacara pengibaran bendera, Gubernur Olly Dondokambey melakukan Peluncuran tiga Aplikasi terbaru layanan inovasi publik yakni; Aplikasi 1DataSulut, Aplikasi Dashboard Pimpinan Start, dan Modul Aplikasi E-Sign dilakukan Gubernur Olly didampingi Wagub Kandouw, Sekdaprov Silangen.

Upacara kali ini juga dihadiri Ketua DPRD Sulut Andi Silangen, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana, Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Sekdaprov Edwin Silangen, Sekretaris Kartika Devi Tanos, Bupati/Walikota, Wabup/Wawali se-Sulut, jajaran pejabat Pemprov Sulut dan undangan.

Penerapan prokes selama upacara berlangsung tetap dilakukan.

Gubernur Olly mengatakan sejumlah upaya yang telah dilakukan pemerintah pada semester pertama tahun ini.

“Pertumbuhan ekonomi Sulut tumbuh menjadi 8,49% pada triwulan kedua tahun 2021 ini. Hal ini karena upaya direct call peningkatan kerjasama dengan pemerintah Jepang soal ekspor komoditi pertanian dan perikanan,” kata Gubernur Olly.

Baca juga:  Penerima BLT DD 2023 Desa Kaleosan Ditetapkan 51 KPM

Pemprov Sulut juga menerima Paritrana Award dari Kementerian Tenaga Kerja Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk kategori Pemerintah Provinsi dan di tahun ini Sulut berada di peringkat tiga Nasional, setelah Papua Barat dan D.I. Yogyakarta.

Pemprov Sulut juga menerima Penghargaan Abdi Tani 2021 dari Kementerian Pertanian RI, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin di Istana Wapres, Jakarta.

Penghargaan Abdi Tani ini terdiri dari 2(dua) kategori, yaitu Kategori Daerah dengan Produksi Beras Tertinggi dan Kategori Daerah dengan Ekspor Pertanian Tertinggi. Sulut masuk dalam daftar 5 daerah dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi periode Januari 2020 – Juni 2021.

Peringkat satu diraih Provinsi Jawa Tengah, kedua Provinsi Kalimantan Timur, ketiga Provinsi Jambi, keempat Provinsi Kalimantan Barat.

Gubernur Olly Dondokambey juga meraih penghargaan nasional dari MarkPlus, Inc dalam even The 2nd Planet Tourism Indonesia 2021, yang menganugerahkan CI-EL Medal of Distinction 2021 kepada Gubernur Sulawesi Utara sebagai bentuk pengakuan atas capaian, melalui kreatifitas dan inovasi yang dilakukan dalam setahun terakhir ini seperti kreativitas dalam menjadikan pengembangan Sulut sebagai salah satu destinasi wisata utama menjadi daerah tujuan utama untuk perdagangan dan investasi di Sulawesi.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara Planet Tourism Indonesia 2021 (webinar) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Kemenparekraf RI pada 22-23 September 2021.

Selain itu, Penghargaan BKN Award untuk Pemprov Sulut tahun 2021 untuk dua kategori yang diserahkan langsung oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara RI Bima Haria Wibisana, kepada Gubernur Olly dan Wagub Kandouw.

Baca juga:  Gubernur Olly Ajak Warga Sulut Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Walaupun kondisi pandemi namun pertumbuhan ekonomi tetap bergeliat karena sektor yang mendukung pertumbuhan ekonomi tetap berjalan.

Begitu juga sejumlah proyek strategis prioritas Nasional di Sulut, seperti KEK Pariwisata Likupang, pembangunan rumah sakit daerah.

Setelah upacara, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut dalam rangka HUT ke-57 Provinsi Sulut di DPRD Sulut yang dipimpin langsung Ketua DPRD, Fransiskus Andi Silangen didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkay, Billy Lombok dan dihadiri Anggota DPRD Sulut.

Diketahui, sebelum puncak acara HUT ke-57 Provinsi Sulut ini, beragam kegiatan telah dilaksanakan diantaranya :
-. Ziarah ke Makam para mantan Gubernur/Wagub Sulut baik di Jakarta maupun di daerah yang diakhiri dengan tabur bunga dan peletakan karangan bunga.

Ini dilakukan oleh OD-SK sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun dan tetap berlanjut sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa, dedikasi dan komitmen membangun sulut dimasa kepemimpinannya.

Hal ini dilakukan agar generasi muda tetap mengingat perjuangan, cita-cita dan pengorbanan para pendahulu harus dilanjutkan dan tidak melupakan sejarah.

Selain itu, Pemprov dan TP-PKK Sulut juga telah menyalurkan bantuan untuk korban bencana di Bitung dan Minsel berupa bantuan uang tunai bagi 174 KK korban kebakaran di Pasar Tua Kota Bitung dan 125 KK Korban Puting Beliung di Desa Tumaluntung 57 KK dan Desa Tumaluntung I sebanyak 68 KK serta bantuan secara simbolis kepada korban kebakaran Pasar Pinaesaan, Tompaso Baru Kabupaten Minahasa Selatan. (Advetorial/ DKIPS-IK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *