Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Sulut Khusyuk dan Khidmat

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Momen Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang bertemakan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’ kali ini begitu istimewa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sulut, Rabu (17/08/2022).

Gubernur Olly bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dan dihadiri Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, jajaran Forkopimda Provinsi Sulut, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulut, Ketua TP PKK Provinsi Sulut Rita Tamuntuan, Sekretaris TP PKK Provinsi Sulut dr Kartika Devi Tanos, Penjabat Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, jajaran pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemprov Sulut dan tamu undangan.

Adapun Komandan upacara Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi, yang adalah Komandan Polisi Militer Lantamal VIII Koarmada II dan pembawa acara Peltu Kowal Elin Kandouw.

Baca juga:  Likupang Segera Miliki Pasar dan Pelabuhan Perikanan Bertaraf Internasional, Ini Update Progres Pembangunannya

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh 30 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan khusyuk dan khidmat. Bertindak selaku Komandan Paskibra, Letda Laut (PM) R Kusuma Wijanarko yang menjabat sebagai Paur Lidkrim Pomal Lantamal VIII.

Kelompok pasukan pengibaran bendera Merah Putih, adalah putra putri terbaik dari Sulut di bawah pembinaan Dinas Kepemudaan dan olahraga Daerah Provinsi Sulut.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen membacakan teks Proklamasi. Kemudian pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Utara H Anwar Abubakar.

Diketahui, Upacara dikuti empat pleton TNI-Polri yang terdiri dari satu satuan setingkat pleton (SST) TNI AD, 1 SST TNI Angkatan Laut, 1 SST TNI Angkatan Udara dan 1 SST Polda Sulut.

Satuan musik kodam 13 Merdeka di pimpin oleh Kapten CAT M.Ilyas. Selanjutnya kompi Aparatur sipil Negara, terdiri dari 1 SST Satpol PP – 1 SST Dinas Perhubungan Daerah, 1 SST Dinas Kehutanan Daerah, 1 SST Dinas pendidikan Daerah dan 1 SST Bappeda.

Baca juga:  Dubes Thailand Temui Gubernur Olly, Bahas Kerjasama Di Sektor Pertanian

Sementara yang bertindak sebagai perwira upacara, Mayor Marinir David Senewe yang sehari-harinya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi Detasemen Markas Lantamal VIII.

Usai mengikuti upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Gubernur Olly menyatakan rasa syukurnya karena pertumbuhan ekonomi Sulut yang berada di level 5,93 persen.

“Bersyukur karena ekonomi Sulut bangkit dari keterpurukan melebihi nasional. Sama dengan falsafah sayur pare, hadapi pahit dulu baru sedap dimakan,” ujar Gubernur Olly.

“Pada momentum 17 Agustus ini, akan membangkitkan semangat NKRI. Mari dengan semangat membangun kita jadikan Indonesia menjadi macan asia. Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” pungkasnya. (*MS)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *