Dispar Minut Gelar Festival Waruga Dirangkaikan HUT Desa Sawangan Ke-811, Kolintang dan Kue Tradisional Ikut Ditampilkan

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Jumat (11/11/2022) menggelar acara puncak Festival Waruga yang dirangkaikan dengan hari ulang tahun (HUT) desa Sawangan ke-811. Acara Puncak Festival Waruga tersebut berlangsung di lokasi wisata Waruga desa Sawangan.

Pantauan media ini pada Festival Waruga tersebut, terlihat antusias masyarakat pendatang bahkan turis asing menyaksikan kegiatan itu. Nampak sejumlah miniatu waruga disediakan dinas Pariwisata sebagai sovenir untuk para wisatawan. Tidak hanya itu perlomban seperti lomba kue tradisional, penampilan Kolintang dan lomba cukur kelapa juga ikut menghiasi rangkaian kegiatan Festival Waruga.

Dalam rangkaian acara HUT desa Sawangan Ke-811. Penjabat Hukum Tua Sawangan membacakan sejarah singkat desa Sawangan yang intinya menyatakan jika desa Sawangan adalah desa tertua di Kabupaten Minut.

Baca juga:  Dukung Program Pemerintah, Pemdes Talawan Atas Gelar Jumpa JG-KWL Bersih-bersih Kampung

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minut Dra Femmy Pangkerego mengatakan jika Festival Waruga ini merupakan sarana untuk lebih memperkenalkan lagi destinasi wisata Waruga Sawangan.

“Kita tau memang destinasi wisata Waruga Sawangan sudah banyak dikenal bahkan sampai ke luar negeri dan banyak menarik wisatawan lokal dan asing. Tetapi event seperti Festival Waruga ini harus dilakukan untuk lebih menarik lagi minat wisatawan,” kata Pangkerego.

Lanjut Kadis Pariwisata, jika dirinya sangat berharap jika destinasi wisata Waruga Sawangan ini dapat masuk dalam jajaran desa Wisata seperti desa Wisata Budo, tapi untuk Waruga Sawangan sendiri sebaiknya masuk dalam kategori desa wisata dengan banyak jumlah pengunjung.

Baca juga:  Hadiri Rapat Paripurna Di DPRD Provinsi Sulut, Gubernur Olly : KUA-PPAS APBD-P Sulut 2020 Fokus Tangani Dampak Pandemi

“Saya yakin itu, untuk kedepan bisa tercapai . Kami juga dari Dinas Pariwisata akan terus bekerjasama berkolaborasi dengan pemerintah desa Sawangan untuk mencari cara bagaimana untuk perkembangan destinasi wisata Waruga Sawangan kedepan,” ungkap Pangkerego dengan penuh keyakinan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut, Sataf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Wakil Ketua DPRD Minut Olivia Mantiri. Kadis Pariwisata Minut Dra Femmy Pangkerego, Camat Kalawat, Penjabat Hukum Tua Desa Sawangan, BPD, perangkat desa, mantan-mantan Hukum Tua, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *