Pelabuhan Kahuku, PLTS Dan Jalan Penghubung 4 Desa Di Pulau Bangka Segera Dibangun

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Di Tahun ini 2023,  pembangunan pelabuhan Feri di Pulau Bangka tepatnya di Desa Kahuku, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) segera terealisasi.

Pasalnya, pembangunan pelabuhan tersebut sudah masuk dalam daftar Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN) 2023.

Bupati Minut Joune Ganda SE MAP MM MSi menuturkan, jika sebelumnya Minut sudah mendapat hibah pelabuhan penyeberangan di Desa Munte.

“Hibah dari Kementerian Perhubungan ini sepenuhnya sudah diberikan ke Pemkab Minut untuk dikelola. Itu artinya kita ketambahan aset senilai hampir Rp40 miliar, secara tidak langsung bisa menjadi penambahan PAD dengan menerapkan retribusi kepada kapal-kapal bongkar muat di pelabuhan termasuk penumpang,” beber Bupati.

Baca juga:  Penyaluran BLT DD Tahap 1 Desa Tatampi, Disaksikan Camat, Kapolsek dan Babinsa Wori

Sementara itu tentang pembangunan pelabuhan di Desa Kahuku Pulau Bangka, Bupati JG menjelaskan jika Desa Kahuku adalah desa yang dipilih oleh Kementerian Perhubungan.

“Ini dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Itu artinya itu pelabuhan feri hanya antar pulau yang ada di Sulut. Karena pulau Bangka ini menjadi target pengembangan pariwisata oleh Kementerian Pariwisata melalui Kemenko Marves. Bukan hanya pelabuhan yang dibangun, tapi juga jalan penghubung empat desa termasuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), itu juga sebagai upaya pemerintah pusat untuk menjadikan Pulau Bangka sebagai daerah pariwisata go green,” terang Bupati JG.

Bupati sangat optimis tahun ini pelabuhan di Desa Kahuku tersebut mulai dibangun, sebab dananya itu langsung dari kementerian karena ada penambahan terminal.

Baca juga:  Pdt Rindengan Sebut Olly Dan Rita Jadi Pasangan Panutan Dalam Silver Wedding Keluarga Dondokambey-Tamuntuan

“Pembangunan pelabuhan ini sudah dari tahun lalu diproses, karena ada perluasan tanah jadi masih berproses di BPN. Jadi sementara masih fokus di Go Green,” terang Bupati.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Minut Max Wurarah mengatakan, akhir Maret 2023, tim akan turun ke Minut guna melakukan pengecekan akhir terkait lahan dan kesiapan Pemda.

“Jika semua dinyatakan siap baik dari segi pembebasan lahan termasuk kelayakannya maka akan segera action. Rencana awal Mei 2023, proyek pembangunan pelabuhan di Desa Kahuku akan segera ditender,” tutup Wurarah. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *