Dorong Generasi Muda Pahami Sejarah Peradaban Sulut, Dinas Kebudayaan Ajak Belajar Bersama di Museum

oleh

Manado, www inspirasikawanua com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus mendukung generasi muda lewat program yang digelar Dinas Kebudayaan Sulut belajar bersama museum.

Sekretaris Daerah Provinsi Steve Kepel melalui Kadis Kebudayaan Daerah Sulut Jani Lukas menyatakan kegiatan Belajar Bersama di Museum Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 patut diapresiasi.

“Di tengah semangat membangun Indonesia Maju serta komitmen bersama dalam implementasi kemajuan kebudayaan, kita menyadari bahwa peningkatan pelayanan akses masyarakat terhadap sumber-sumber informasi dan pusat edukasi kebudayaan seperti museum adalah langkah solutif yang terus ditempuh pemerintah dalam bingkai sinergitas bersama semua pemangku kepentingan, termasuk dengan dunia pendidikan yakni sekolah-sekolah dan perguruan tinggi,” kata Lukas

Baca juga:  Warga Korban Banjir Di Bolmut Heran, Foto VAP Semasa Remaja Bersama Ayah Tetap Utuh

Lanjut Lukas, peningkatan aksesibilitas terhadap sumber-sumber pengetahuan budaya sangat penting dalam menjawab tantangan modernisme terutama terhadap penguatan karakter dan jati diri bangsa, rasa kebersamaan dan nasionalisme di tengah pelbagai ancaman perpecahan dan disintegrasi bangsa.

“Kita menyadari bahwa generasi muda dan masyarakat luas harus terus diberikan kemudahan dalam mencari, menggali, mengakses pengetahuan kebudayaan secara  berkelanjutan. Upaya ini penting untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi tentang kebudayaan itu sendiri. Sebagai etalase kebudayaan dan peradaban, Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara menjalankan fungsinya dalam melindungi, mengembangkan, memanfaatkan, dan mengomunikasikan benda-benda budaya yang menjadi koleksinya kepada masyarakat, ” jelasnya

Menurutnya museum negeri provinsi Sulawesi Utara memiliki ribuan benda koleksi yang dibagi berdasarkan klasifikasinya yaitu koleksi geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/ heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknologika.

Baca juga:  Dibuka Presiden Jokowi, Sekdaprov Silangen Hadiri Rakernas Korpri Di Istana Negara

“Dengan mengunjungi dan belajar di museum, kita mendapatkan edukasi, menambah wawasan serta pemahaman tentang sejarah peradaban Sulawesi Utara serta berbagai pengetahuan lainnya tentang peradaban Indonesia dan dunia,” tambah Lukas

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya dan Museum Ferdy Tamarindang menyatakan UPTD Taman Budaya dan Museum Dinas Kebudayaan Daerah menyelenggarakan Program Pengelolaan Permuseuman untuk Peningkatan Pelayanan dan Akses Masyarakat terhadap Museum melalui kegiatan Belajar Bersama di Museum.

“Kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para peserta menyangkut museum di Sulut khususnya,” harap Tamarindang. (***)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *