Ketahanan Pangan Desa Kaleosan, Pemdes Bagi-bagi Daging Babi Sehat Untuk Masyarakat

oleh -82 views

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Untuk memenuhi progam ketahanan pangan yang tercantum dalam pemanfaatan Dana Desa tahun 2023 yaitu 20 persen dari total dana desa diperuntukkan untuk ketahanan Pangan, maka pemerintah desa Kaleosan, Kecamatan Kalawat, memilih untuk membagikan daging babi untuk masyarakat yang mayoritas beragama kristen.

Kegiatan bagi-bagi daging tersebut berlangsung di desa Kaleosan, Jumat (25/8/2023) dengan total babi yang dipotong mencapai 35 ekor.

Kepada media ini, Hukum Tua desa Kaleosan Frederico Kaporoh menuturkan jika momen bagi-bagi daging babi sehat kepada masyarakat ini bertepatan dengan pengucapan syukur desa Kaleosan di bulan kemerdekaan.

“Jumlah babi yang di potong sebanyak 35 ekor. Untuk kegiatan mulai dari pemotongan hingga bagi-bagi daging dimulai dari jam 3 subuh sampai selesai jam 7 malam,” beber Rico sapan akrab Hukum Tua Kaleosan.

Hukum tua juga mengatakan jika kegiatan bagi-bagi daging babi sehat ini mungkin yang pertama kali dilaksanakan di Sulawesi Utara khusunya di Minahasa Utara.

” Untuk babi yang disalurkan sudah dipelihara sejak 4 bulan yang lalu, dan daging babi yang dibagikan ini adalah daging berkualitas, bukan babi yang terpapar virus,” terang Kaporoh.

Lanjut Hukum Tua, untuk pembagian daging babi sehat ini terbagi atas 2 kloter penyerahan untuk 236 kk.

“Ini baru kloter pertama, direncanakan kami Pemdes Kaleosan akan memberikan pangan ini atau kembali menyalurkan daging babi sehat kepada masyarakat ini di bulan Desember 2023 nanti bertepatan dengan momen menyambut natal dan tahun baru,” terang Rico.

Ditambahkannya, dalam kegiatan tersebut seluruh perangkat desa linmas dalam hal ini semua Pemdes Kaleosan, terlibat langsung dalam pembagian daging babiĀ  sehat ini. Dalam kegiatan itu juga Camat Kalawat Dra Ferlie Indria Nassa MAP juga ikut menyerahkan pangan daging babi sehat tersebut. (Josua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *