Serahkan Bantuan Budidaya Ikan Untuk 36 Kelompok Se Minut Di Tumaluntung, Bupati JG Tegaskan Bantuan Pemerintah Jangan Dijual Kalau Ada Laporkan !!

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Bupati Minahasa Utara, Joune JE Ganda SE.MAP, MM, MSi bersama Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH, terus mendukung sektor budidaya ikan air tawar.

Pasalnya, Bupati JG menyerahkan secara langsung bantuan peralatan budidaya ikan tahap dua kepada 36 kelompok dari 7 kecamatan, yang merupakan kegiatan dari Dinas Perikanan Kabupaten Minut, yang dipusatkan dan berlangsung di Smart Fisheries Village desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Sabtu (07/10/2023).

Giat penyerahan bantuan tersebut diawali dengan laporan kegiatan dari Kepala Dinas Jack Paruntu SE.

Paruntu melaporkan jika paket bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar kali ini diserahkan kepada 36 kelompok dari 7 kecamatan di Minut mencakup berbagai komponen. Setiap kelompok menerima:

1. Benih ikan nila sebanyak 7.000 ekor.

2. Pakan ikan starter sebanyak 20 Kg.

3. Pakan ikan grower sebanyak 420 Kg.

4. Pakan ikan finisher sebanyak 750 Kg.

5. Pakan ikan finisher tenggelam sebanyak 950 KG.

Baca juga:  Gubernur Olly Apresiasi Kinerja Pjs Gubernur Agus Fatoni Selama Pimpin Sulawesi Utara

6. Peralatan penunjang budidaya, termasuk 10 skop, 6 keranjang ikan, 10 pasang sepatu boots, 5 serokan bibit ikan, 1 mesin alkon, dan 1 mesin potong rumput.

Total anggaran yang dialokasikan untuk paket sarana prasarana budidaya ikan air tawar ini mencapai Rp. 2.117.691.000,00.

Sementara itu Bupati JG  dalam penyampaiannya mengungkapkan, jika  semua bantuan diserahkan kepada kelompok-kelompok pembudidaya ikan air tawar yang telah diidentifikasi dan memenuhi syarat untuk menerima bantuan.

“Pemkab Minut terus bertekad untuk mendukung para peternak budidaya ikan dengan meningkatkan teknologi dan peralatan dalam sektor budidaya perikanan,” beber Bupati Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda juga menegaskan agar jangan sampe ada oknum yang menjual bantuan pemerintah seperti ini.

“Saya tidak mau ada bantuan pemerintah diperjual belikan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Kalau ada yang demikian  mohon dilaporkan. Saya juga minta saat ini untuk penyerahan bantuan selalu dilakukan secara bersama agar transparan.

Pemerintah selalu berharap bahwa bantuan-bantuan seperti ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dipergunakan sebagaimana fungsinya oleh kelompok-kelompok penerima guna mengembangkan sektor ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di Minut,” tegas Bupati.

Baca juga:  Pileg 2024, Perindo Minut Targetkan 1 Fraksi Di DPRD Minut

Lanjut Bupati, bantuan peralatan budidaya ikan air tawar ini adalah wujud dukungan pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas perikanan di Kabupaten Minahasa Utara.

“Saya berharap dengan bantuan ini akan membantu kelompok-kelompok pembudidaya ikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ikan air tawar di Minahasa Utara,” harap Bupati JG.

Diketahui dalam kegiatan ini Bupati juga melakukan penebaran bibit ikan dan panen ikan nila yang didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Jack Paruntu SE, anggota DPRD Minut Anthony Pusung, Kadis PMD Fredrik Tulengkey, Kadis Sosial Arnolus Wolajan, Kepala Inspektorat Minut Steven Tuwaidan, Kepala Badan Pendapatan Daerah Cristian Katuuk, Staf Ahli Bupati Toar Sendow, Camat Kauditan Royke Rampengan, Camat Kalawat Indria Nassa, Kapolsek Kauditan Iptu Iwan Towani, Hukum Tua Tumaluntung Richard Kamagi SH bersama seluruh perangkat desa Tumaluntung. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *