Senin Nanti Pemkab Minut Tertibkan APK Tanpa Pandang Bulu, William Luntungan Minta Jangan Ada Tebang Pilih

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemkab Minut tegaskan siap menertibkan APK (Alat Peraga Kampanye) yang terpasang di wilayah Minut. Hal ini diungkapkan Bupati Minut Joune Ganda melalui Kasat Pol.PP Bobby Nayoan SH saat Coffee Morning dengan para wartawan biro Minut di MoD Cafe jalan SBY, Jumat, (03/11/2023).

“Sesuai dengan kesepakatan bersama Forkopimda Minut saat digelar rapat koordinasi Kamis,(01/11/2023) lalu di Sentra Hotel, mulai Senin, (06/11/2023) mendatang maka kami bersama unsur terkait lainnya TNI/Polri, Pol.PP Minut, Bawaslu dan KPU akan turun lapangan menertibkan APK yang sudah terpasang dan ini akan kami lakukan tanpa pandang bulu dan itu akan kami buktikan,” kata eks Kadis PU Minut ini.

Lanjut Najoan, semua APK baik yang ada di ruang publik maupun di rumah pribadi akan ditertibkan.

Terpisah, Kaban Kesbangpol Minut Sammy Rompis menambahkan, APK yang akan ditertibkan adalah semua baliho dan alat peraga yang dipasang baik oleh partai politik maupun calon legislatif, mulai dari Pilpres, Pil Caleg dan  DPD.

Baca juga:  Refly Ngantung : Petani Terkoorporasi, Berdaulat Tentukan Harga Kopra

“Sesuai dengan berita acara kesepakatan bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu dan Parpol peserta Pemilu yang disepakati dalam rapat koordinasi maka kami akan menertibkan APK mulai Senin nanti. Mulai hari ini kami menghimbau semua pihak terkait baik partai maupun individu yang telah memasang APK untuk membersihkan secara mandiri dari ruang publik. Saatnya nanti KPU akan menetapkan spot-spot mana yang diperkenankan untuk dipasang APK dan kapan waktu pemasangannya,” jelas Rompis.

Disisi lain Ketua LSM GEBRAK Minut William Luntungan mengatakan, dalam melakukan tugas penertiban APK, Pemkab dan unsur terkait lainnya diminta untuk tidak tebang pilih.

“Penertiban harus sesuai dengan aturan yang ada, jangan terjadi tebang pilih, dimana partai-partai kecil dirugikan dan partai besar diuntungkan. Ataupun baliho pihak tertentu dibiarkan dengan alasan tidak terjangkau atau kurang personil dan biaya operasional. Dalam hal ini Pemkab dan unsur kompeten harus tegas dalam melaksanakan fungsi penertiban,” harap Luntungan.

Baca juga:  Ini Penjelasan Kakan BPN-ATR Minut Jeffree Supit, Terkait Ganti Rugi Lahan Bandara - Likupang

Diketahui sebelum coffee morning ini digelar, Pemkab Minut telah melaksanakan rapat koordinasi terkait penertiban APK dengan semua unsur terkait yakni Forkopimda Minut, KPU, Bawaslu, dan semua Partai Politik peserta Pemilu di Minut, minus Partai Umat, Partai Gelora, dan PKS yang notabene tidak memiliki caleg di Minut.

Di Bagian akhir, Kadis Kominfo Minut Robby Parengkuan mengajak Pers Minut untuk ikut menyukseskan Pemilu dengan pemberitaan yang proporsional dan informatif.

“Pertemuan dan bincang-bincang seperti ini akan terus dilakukan sehingga terus terjalin sinergitas dalam menyukseskan agenda nasional ini,” tutup Parengkuan (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *