Dihiasi Dengan Pagelaran Seni Nusa Utara, Pesta Adat Tulude di Desa Darunu Sukses Digelar

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Ribuan masyarakat memenuhi lapangan desa Darunu, Kecamatan Wori, Rabu (31/1/2024). Ini sehubungan dengan digelarnya pesta adat Tulude yang diselenggarakan oleh pemerintah desa. Dalam acara tersebut dihiasi dengan pagelaran seni suku Nusa Utara seperti Keroncong mama, masamper, dan empat wayer.

Perlu untuk diketahui, Tulude merupakan hajatan adat yang merupakan warisan leluhur orang Nusa Utara dengan esensi sebagai ucapan syukur atas penyertaan Tuhan di tahun sebelumnya serta meminta tuntunan yang Maha Kuasa di tahun yang baru.

Hukum Tua Desa Darunu Ruddy Beejee Jacobus, S.Pd saat ditemui media ini mengatakan, jika Tulude selain wujud ucapan syukur, Tulude merupakan warisan budaya leluhur sekaligus menjadi kearifan lokal yang patut dilestarikan.

“Di desa Darunu mayoritas etnis masyarakat berasal dari Nusa Utara, sehingga budaya leluhur ini perlu dilestarikan,” kata Kumtua.

Baca juga:  Olly Support Penuh BKMT Bolmong

 Lanjutnya, desa Darunu merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Minut sehingga pelaksanaan Tulude diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan baik lokal maupun manca negara.

“Ke depan kita akan laksanakan ini secara rutin sehingga memberi kontribusi terhadap pariwisata di desa ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Joune JE Ganda yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Alfret Pusungulaa, mengapresiasi Pemdes Darunu yang boleh menginisiasi kegiatan ini. Menurut Bupati JG, suksesnya kegiatan ini menjadi bukti kuatnya sinergitas masyarakat desa Darunu.

“Tidak perlu diragukan lagi kebersamaan yang terjalin di tengah-tengah masyarakat di sini. Dan saya kira, ini menjadi modal kuat dalam menopang pariwisata di desa ini,” kata Pusungulaa.

Baca juga:  Sambangi Unsrat, Gubernur Lemhanas Beri Kuliah Umum

Oleh karena itu, ia meminta agar iven ini jadi agenda rutin sehingga boleh menarik minat para wisatawan.

“Karena dengan bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan, sudah pasti memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kuncinya.

Di momen yang sama, Camat Endru Palandung, turut mengapresiasi kebersamaan serta kekeluargaan di desa Darunu.

“Dengan kebersamaan serta kekeluargaan yang kuat, akan semakin mudah bagi kita mewujudkan setiap program-program untuk kemajuan bersama,” imbuh Palandung sembari meminta warga menjaga serta merawat kebersamaan ini.

Diketahui, kegiatan turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Minut Femmy Pangkerego, Ketua TP PKK Kecamatan Wori Ny. Merry Palandung Salfischberger, Caleg Dapil III Didik Susanto, dan Pdt Teddy Batasina, yang memimpin ibadah. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *