Bukti Komitmen JG-KWL Terkait Tata Kelola Siskuedes, Pertama Se Sulut Pemkab Minut Saluran Dandes Tahap 1 Tahun 2024

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – – Dibawa kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, Tata kelola keuangan desa di Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara makin baik.

Terbukti, Kabupaten Minahasa Utara adalah daerah pertama di Provinsi Sulawesi Utara yang telah menyalurkan dana desa tahap pertama di tahun 2024.

Bahkan, menjadi Kabupaten ke 5 di Indonesia yang telah merealisasikan anggaran dana desa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Minut Joune Ganda melalui Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Fredrik Tulengkey, Rabu, (7/2/2024)

“Realisasi dana desa jika di tahun-tahun sebelumnya cair akhir Maret atau awal April. Tahun 2024 ini sudah boleh dicairkan lebih awal. Ini karena bukti dari komitmen pimpinan dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati terhadap tata kelola keuangan desa. Tak lupa juga, Sekda yang terus memberikan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja pelayanan,” beber Kadis Tulengkey didampingi Kabid Jerry Talumantak.

Baca juga:  LPEI dan Exim Bank se-Asia Bahas Ketahanan Ekonomi Pasca Pandemi

Lanjutnya, berkat digitalisasi sistem keuangan desa berbasis online (Siskeudes Online) dan penerapan transaksi non-tunai pengelolaan keuangan desa, Kabupaten Minahasa Utara tahun 2024 menjadi salah satu daerah Pilot Project di Indonesia.

 

“Selain Dandes, Penghasilan Tetap (Siltap) perangkat desa, tunjangan BPD dan Linmas pun telah direalisasikan sejak Januari 2024. Kami pun Kabupaten Minahasa Utara merupakan daerah Pilot Project penerapan transaksi non-tunai pengelolaan keuangan desa,” beber Kadis Tulengkey.

Kabupaten Minahasa Utara juga ditambahkan Kadis PMD, adalah yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara

Baca juga:  Safari Natal Pemrov Sulut dan Pemkab Minut Digelar Bersama di Gereja GMIM Imanuel Kaima

Ditambahkannya, Dinas PMD juga telah mengintegrasikan Siskeudes dengan Sistem Pengawasan Keuangan Desa pada Inspektorat.

“Pengintegrasian Siskeudes dan Siswakeudes merupakan yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga, dampak dari itu, hasil monitoring atau MCP Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kabupaten Minahasa Utara meraih hasil 98,5 Persen atau yang terbaik di Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Kadis sembari menyebut jika ini membuktikan keseriusan Pemerintah Kabupaten untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi tata kelola pemerintahan di Desa yang lebih baik. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *