Komunitas Akademisi, Alumni dan Mahasiswa Unsrat Manado Gelar Aksi Pernyataan Sikap Seruan Kebangsaan Jelang Pileg dan Pilpres 2024

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Komunitas akademisi, alumni dan mahasiswa dari Universitas Sam Ratulangi Manado menggelar aksi pernyataan sikap seruan kebangsaan di monumen Sam Ratulangi, yang berada di kampus tersebut, pada Rabu (7/2/2024).

Aksi tersebut dilakukan sebagai respon atas keprihatinan terhadap situasi dan kondisi menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Adapun 5 sikap yang disampaikan, yaitu:

  1. Mengecam segala bentuk tindakan yang menekan dan menindas kebebasan berekspresi dan berpendapat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.
  2. Menuntut kepada pejabat Negara, pejabat pemerintah, Aparatur Sipil Negara, yang ada di Pusat dan Daerah; TNI/POLRI menjaga kewibawaan, mengedepankan etika, norma dan martabat sebagai aparatur untuk bersikap netral, jujur dan adil mengedapankan sikap profesional sesuai peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.
  3. Mendesak kepada semua Penyelenggara Pemilu dari tingkat Pusat KPU, BAWASLU Tingkat Provinsi, Kabupaten, Kota sampai ditingkat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjaga integritas demi mewujudkan pemilu yang transparan, jujur, adil, dan bermartabat, tidak berpihak dan terbebas dari intervensi pihak manapun.
  4. Hentikan pemberitaan bohong (hoaks), yang dilakukan atas nama organisasi, kelompok, maupun individu, melalui sosial media, serta framing penggiringan opini yang mendiskreditkan orang atau kelompok tertentu, sehingga mengakibatkan terjadinya perpecahan sesama anak bangsa.
  5. Menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan, dengan menjunjung tinggi persaudaraan sebagai anak bangsa, sikap saling menghargai perbedaan di tengah keberagaman, serta menolak isu-isu identitas yang dilakukan oleh kelompok- kelompok tertentu yang menghancurkan sendi-sendi toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (**)

Loading

Baca juga:  Pesta Iman Sidi Jemaat GMIM BUMORIK, Steven Kandouw Terpilih Penatua Kolom 29