Pleno Kecamatan Airmadidi Ditunda, Sejumlah Saksi Partai Pertanyakan Terkait Keamanan Kotak Suara

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pleno Kecamatan Airmadidi yang dijadwalkan sejak 17 Februari 2024, akhirnya dihentikan pada 18 Februari 2024 dengan kabar yang beredar lewat pesan WhatsApp jika pelaksanaan pleno seluruh kecamatan ditunda mulai dari tanggal 18-20 Februari.

Hal tersebut membuat sejumlah saksi partai yang yang datang di kecamatan Airmadidi kecewa dan mempertanyakan terkait kerugian dan keamanan kotak suara.

“Kami mempertanyakan kerugian dan dampak yang terjadi akibat penundaan ini. Ini menciptakan kerugian dana, waktu mulai dari kerugian pemerintah, kerugian dari pala caleg dan partai. Mereka sudah mengeluarkan biaya rekapitulasi tingkat kecamatan ini. Ini juga diperkirakan menyebabkan kerugian negara yang sangat besar. Jadi banyak sekali yang dirugikan dalam ditundanya rekapitulasi suara di kecamatan Airmadidi ini, ” ungkap Johan Awuy salah satu pembina partai PSI Minut yang juga saksi partai di Kecamatan Airmadidi.

Baca juga:  BNN Sulut Di Minta Bupati VAP Untuk Tes Urine ASN Pemkab Minut

Awuy juga menanyakan terkait dampak dari ditundanya pleno KPU ini.

“Ini siapa yang akan bertanggung jawab jika ada perubahan dari PPS, PPK. Siapa juga yang bisa menjamin jika ada kotak suara terpindah atau sudah ada perubahan atau kotak suara rusak,siapa yang akan bertanggung jawab,” tanya Johan Awuy yang juga ketua LSM Minut Conektion sembari menegaskan jika nanti dirinya bersama LSM dan masyarakat akan menggugat ganti rugi ke KPU RI.

Sementara itu terpisah Rizky Pogaga Komisioner KPU Minut saat dikonfirmasi membenarkan terkait penundaan Pleno di Kecamatan Airmadidi tersebut.

Baca juga:  Cegah Miskomunikasi, Sekdaprov Silangen Minta Kepala Perangkat Daerah Konsentrasi Hadapi Pemeriksaan BPK

“Semua juga sudah diserahkan ke masing-masing PPK Kecamatan. Dan untuk penundaan ini tidak hanya di Kecamatan Airmadidi tetapi di seluruh Indonesia. Jadi ini merupakan penyampaian dari KPU RI terkait Sirekapdalam yang sementara di maintenance. Dan diperkirakan hingga 20 Februari mendatang,” ungkap Pogaga.

Saat ditanyakan terkait keluhan sejumlah saksi partai tentang dampak, mulai dari kerugian hingga keamanan kotak suara, Jurnalis non aktif ini memastikan jika terkait keamanan kotak suara semua sudah diserahkan ke pihak kepolisian. (Josua)

Loading