Patut Di Contoh, Hukum Tua Darunu Utamakan Musyawarah Mufakat, Sering Selesaikan Masalah Ringan Di Desa Dengan Cara Kekeluargaan

oleh
Pemdes Darunu saat menyelesaikan masalah antara masyarakat desa Darunu dan Bulo.
Pemdes Darunu saat menyelesaikan masalah antara masyarakat desa Darunu dan Bulo.

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Tidak bisa dipungkiri di setiap wilayah pasti terdapat permasalahannya masing-masing. Seperti juga terjadi di desa-desa yang ada di Kabupaten Minahasa Utara. Setiap desa yang ada sering menghadapi masalah masyarakatnya yang beragam.

Seperti di desa Darunu, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Pemerintah desa Darunu sangat mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Dalam kata lain permasalahan yang ringan yang bisa diselesaikan di tingkat desa dan tanpa harus ke ranah aparat penegak hukum (APH).

Kepada media ini Hukum Tua desa Darunu Ruddy Beejee Jacobus, S.Pd menuturkan jika pihaknya selalu mengutamakan sifat kekeluargaan dalam menyelesaikan persoalan.

Baca juga:  Camat Royke Rampengan Sebut Hukum Tua Kaima Tak Jujur, Tau Pasien Positif Covid-19 Tidak Dilaporkan

“Ada banyak masalah yang sering kami musyawarah dan mufakat kan. Tapi Maslah yang ringan tentunya. Jika masalahnya sudah berat dan memang harus berurusan dengan Hukum itu tentu diluar tanggungjawab kami. Kami pernah menyelesaikan masalah seperti adanya perselisihan antara masyarakat desa Bulo dan Darunu dan itu bisa berakhir aman, tentram dan damai,” ungkap Jacobus.

Lanjut Kumtua, jika pihaknya selaku pemerintah desa Darunu, selalu menyampaikan kepada masyarakat terkait sama-sama menjaga keamanan kamtibmas.

“Intinya kami Pemerintah desa selalu berupaya bekerja dan melayani masyarakat. Kami juga berupaya selalu mencegah agar tidak terjadi permasalahan. Sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati,” tutup Pena Be’ Je sapaan akrab Hukum Tua Darunu ini. (Josua)

Loading