Dengan Menggunakan Masker Akibat Terdampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Pemdes Airbanua Salurkan BLT DD Tahap Satu 2024 Untuk 30 KPM

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Walaupun dalam situasi terdampak abu vulkanik akibat erupsi gunung Ruang, di Pulau Tagulandang, Kabupaten Sitaro. Pemerintah desa Airbanua yang juga merupakan wilayah kepulauan yang berdekatan langsung dengan pulau Tagulandang, tetap memberikan hak rakyat, yaitu dengan tetap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) tahap satu untuk tahun 2024.

Bertempat di kantor Hukum Tua, Pemerintah desa Airbanua, Kecamatan Likupang Barat (Likbar) Kabupaten Minut, Rabu, (1/5/2024) sukses menyalurkan BLT DD tahap pertama, untuk bulan Januari, Februari, Maret tahun 2024.

Untuk desa Airbanua sendiri di tahun ini lebih sedikit di tahun-tahun sebelumnya yang menandakan perekonomian desa Airbanua lebih baik dari sebelumnya. Saat ini terdapat 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima BLT DD.

Baca juga:  Bupati JG Lantik 7 Pejabat Administrator 2 PLT

Kepada media ini, Penjabat Hukum Tua Airbanua, Gerson Makikama yang didampingi Sekretaris desa Papendang Tober mengatakan, jika bantuan BLT DD ini seperti biasanya, masing-masing KPM menerima Rp 900.000 dengan rincian setiap bulan Rp 300.000. jadi selama bulan Januari, Februari, Maret, dengan total Rp 900.000.

“Kami selaku Pemerintah desa berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat desa Airbanua dalam menghadapi situasi sekarang ini. Besar harapan kami kiranya bantuan ini dapat bermanfaat bagi para penerima dan semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan sehari-hari seperti membeli bahan pokok,” ungkap Kumtua.

Baca juga:  Berjiwa Sosial, VAP Bantu Korban Kebakaran di Kleak

Lanjut Kumtua, untuk BLT DD tahap selanjutnya, setelah laporan tahap ini dilaporkan maka dana untuk BLT DD tahap selanjutnya akan kembali dicairkan dan disalurkan.

“Kami sebagai pemerintah desa juga mengimbau para masyarakat desa Airbanua agar dapat terus memperhatikan kebersihan lingkungan dan rajin dalam kerja bakti bersama pemerintah desa. Dan yang terpenting tetap waspada dengan situasi saat ini, juga tetap menggunakan masker karena abu vulkanik akibat erupsi gunung ruang bisa menganggu kesehatan,” tutup Gerson Makikama. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *