Wagub Steven Kandouw bersama Istri Tinjau Kondisi Warga Terdampak Erupsi Yang Dirawat di RSUD ODSK

oleh
oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Ratusan warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terpaksa harus kehilangan tempat tinggal dan saat ini mengungsi di posko pengungsian yang telah disiapkan pemerintah.

Kondisi tersebut membuat beberapa pengungsi yang mengalami sakit, dan harus dirawat di rumah sakit, antara lain di RSUD ODSK.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven OE Kandouw bersama istri, Ny Kartika Devi Kandouw Tanos pun merasa berempati dengan mengunjungi sejumlah pasien yang sedang dirawat.

Dalam kunjungannya, Wagub Sulut Steven Kandouw yang berkesempatan menanyakan kondisi mereka. Selain itu, ia juga tak lupa memberi semangat dan menyerahkan bingkisan.

Pemprov Sulut melalui RSUD ODSK merawat pengungsi yang mengalami sakit dan menyediakan fasilitas layanan ruangan khusus untuk pendamping atau keluarga pasien.

Kepada para korban terdampak bencana erupsi Gunung Ruang., Kandouw kembali menegaskan komitmen Gubernur Olly Dondokambey yang telah menyatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan layanan kesehatan secara maksimal.

Baca juga:  Disela Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Minut Secara Simbolis Serahkan Sisa Bonus Atlet Porprov

“Ini menjadi komitmen pak Gubernur Olly Dondokambey bahwa pelayanan kita kepada para pengungsi ini komprehensif. Walaupun tidak ada BPJS, kita tanggulangi semua, keluarganya juga kita tampung,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo, menyampaikan bahwa untuk keluarga pasien, selain disediakan ruangan di RSUD ODSK, Pemerintah Provinsi Sulut juga menyiapkan tempat pengungsian. Salah satunya yakni Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Malalayang.

“Saat ini di Balai Pelatihan Kesehatan sudah datang 65 orang (pengungsi) di antaranya 14 ibu hamil, ada juga anak-anak,” ungkapnya.

Terkait layanan kesehatan, dia menerangkan Dinas Kesehatan Sulut bekerja sama dengan Dinas Kabupaten Kepulauan Sitaro untuk merujuk pasien yang sakit.

Baca juga:  Akademisi Gerdi Worang Nilai 4 Tahun Kepemimpinan ODSK Banyak Keberhasilan

“Pasien-pasien yang sakit berat ataupun sedang dirujuk di rumah sakit yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Ada di RSUD ODSK, RS Manembo-nembo Bitung, Rumah Sakit Teling dan RSUP Prof Kandou, semuanya terlayani,” jelas Kalalo.

Khusus untuk rumah sakit yang dikelola Pemerintah Provinsi Sulut sebagaimana instruksi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, semua pasien juga pendamping/keluarga pasien juga disiapkan ruangan.

Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw juga mengunjungi pasien lainnya. Salah satunya, seorang pasien yang baru melahirkan. Wagub kemudian menyerahkan dokumen kependudukan berupa akte kelahiran, kartu identitas anak beserta kartu keluarga.

Wagub secara langsung menyerahkan perdana dokumen kependudukan tersebut kepada tiga keluarga.

Wagub dan istri tampak ikut berbahagia dan mengucapkan selamat kepada keluarga penerima identitas kependudukan atas kelahiran sang anak. (Advertorial DKIPS-IK Pemprov Sulut)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *