Bunda Rita Hadiri Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi, Ini Pesannya

oleh
oleh

Minahasa Selatan, www.inspirasikawanua.com – Pemprov Sulut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, TP PKK Provinsi Sulut dan Pemkab Minahasa Selatan kerja sama menggelar Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Tingkat Menengah, Pendidikan Khusus serta Masyarakat Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan selaku Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Utara, berlangsung di Aula Kantor Bupati Minahasa Selatan, Kamis (13/6/2024).

Dalam sambutannya, Ir. Rita Maya Tamuntuan menjelaskan perpustakaan merupakan institusi layanan publik yang wajib memberikan layanan perpustakaan kepada masyarakat. Dan ketersediaan perpustakaan di masyarakat diperjelas dalam undang-undang Perpustakaan nomor 43 tahun 2007 pasal 7 ayat 1 butir c, yaitu Pemerintah berkewajiban menjamin ketersediaan layanan perpustakaan yang merata di tanah air.
Dan diperkuat dengan undang-undang Pemerintah Daerah nomor 23 tahun 2014 pasal 12 ayat 2 butir q, menyatakan perpustakaan merupakan urusan wajib pemerintahan daerah Povinsi dan Kabupaten/Kota.

Baca juga:  Dihadiri Ribuan Warga, Safari Natal Pemkab Minut Sukses

“Oleh karenanya masyarakat berpengetahuan jadi tolak ukur suatu bangsa untuk menjawab persaingan global dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Lanjutnya, masyarakat berpengetahuan tidak lepas dari tatanan masyarakat yang memiliki budaya literasi informasi termasuk budaya literasi membaca. Upaya membangun kualitas manusia di Sulawesi Utara, yang berbudaya literasi perlu dijadikan pondasi yang kokoh bagi terwujudnya masyarakat berkualitas dan sejahtera.

Selaku Bunda Literasi, Ny Rita berhadap kedepan bisa dilaksanakan kegiatan-kegiatan nyata seperti sosialisasi promosi gerakan sentuh buku, dan kegiatan-kegiatan literasi lainnya.

“Sehingga anak kita sebagai penerus bangsa di Sulawesi Utara, akan menjadi anak-anak yang literat, memiliki sumber daya dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu berkiprah dan bersaing di berbagai lapangan pekerjaan baik di Provinsi Sulawesi Utara dan di daerah-daerah lainnya,” tukas Tamuntuan.

Baca juga:  Ketua PN Airmadidi Juply Pansariang Minta Jika Ada Surat Keterangan Yang Keliru Segera Dilaporkan

Lebih jauh, dirinya mengajak segenap bunda literasi kabupaten/kota untuk menjadi panutan dan role model dalam hidup masyarakat.

“Karena ibu adalah perpustakaan pertama dan utama bagi anak-anak kita,” tandasnya.

Hadir Bupati Minahasa Selatan, Franky Wongkar, pejabat di lingkungan Pemkab Minahasa Selatan, para pegiat literasi, pengurus TP PKK Provinsi Sulut, dan pengurus TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan, kepala sekolah, guru serta pelajar. (*)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *