KPU perlu antisipasi serius Lamanya Proses Pemilu 2019

oleh

Manado – Penyediaan 4 bilik suara di masing-masing Tempat pemungutan suara (TPS) oleh KPU pada Pemilu April mendatang menjadi sorotan DR ML Denny Tewu, calon DPD RI 2019-2024 nomor urut 34 dapil Sulut, sebab potensial menjadi masalah dari segi waktu.

Diberitakan, Pengaturan empat bilik untuk maksimal 300 pemilih per TPS ditujukan untuk mempercepat proses pemungutan suara. Berdasarkan simulasi pungut hitung yang telah dilakukan KPU RI, setiap pemilih membutuhkan waktu antara 7 hingga 9 menit untuk melakukan pemilihan buat 5 kertas suara hijau (DPRD Kab/Kota) biru (DPRD Provinsi) kuning (DPR RI) merah (DPD RI) dan Abu-2 (Capres & Cawapres).

Baca juga:  Bakal Di Buka Presiden, GP Ansor Akan Gelar Konbes XXIII Di Minahasa

Namun, menurut Ketua Umum Rukun Keluarga Besar Tewu/Tewuh ini, berdasarkan link simulasi yang pernah dilakukan KPU Pusat dibutuhkan waktu 11 menit per pemilih. Jika itu yang terjadi, maka secara umum penghitungan suara bisa molor sampai pagi, dan ini perlu diantisipasi secara dini oleh KPU.

Ia pun mencontohkan, kalau rata-rata per TPS ada 200 orang dikalikan 10 menit maka dibutuhkan waktu 2.000 menit, yang setara dengan 33,33 jam. Jika yang tersedia 4 bilik suara, maka waktu yang dihabiskan adalah 8,33 jam. “Pencoblosan dimulai pukul 8 pagi, maka proses pemilihan berakhir pk. 16.33. Ini kalau berjalan normal, bagaimana kalau ada KTP susulan? Waktu bisa lebih panjang. Penghitungan suara mulai jam berapa?” sambungnya mempertanyakan.

Baca juga:  Kondisi Rusunawa Tak Layak Huni, Pemkot Manado Segera Perbaiki

Penghitungan suara bisa sampai pagi jika kondisinya demikian, kata Denny lagi, “Ini harus diantisipasi agar pemilu bisa berjalan lancar,” tukas dia.

Dosen Magister Manajemen Universitas Kristen Indonesia (UKI) ini pun mengusulkan, untuk lancarnya jalan Pemilu 2019 dan agar benar-benar sukses, cepat dan aman sebaiknya 5 bilik suara yang disediakan, apalagi untuk TPS yang berjumlah 200 ke atas. “Bilik suara yang diperlebar juga perlu dipikirkan, disesuaikan dengan ukuran kertas suara yang bertambah besar,” tambah dia (admin)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *