Lanjutan Liga 2 Indonesia : BFC Sulut United 2 VS 0 Persiba Balikpapan

oleh -785 views

Inspirasikawanua.com – Manado, Lanjutan kompetisi sepakbola Liga 2 Indonesia, pertandingan ke empat antara tim tuan rumah Bogor FC Sulut United menghadapi Persiba Balikpapan yang digelar Minggu (7/7/2019) di Stadion Klabat Manado, berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Pelatih BFC Sulut United Herry Kiswanto bersama asistennya Leo Soputan memakai pola 4-3-3 denmenurunkan pemain, Aulia Zinda (nomor punggung 30) di posisi penjaga gawang, sementara kuartet lini belakang Gusti Sandria (6), Dion Mefahmi (5), Nyoman Adi Parwa (88), Mahdi Albaar (4).

Lini tengah ditempati Ahmad Setiawan (22) kapten tim, Akbar Eka Putra (20), Herri Lontoh (13).

Trisula maut Martinus Novrianto (9) – Eksel Runtukahu (10) – Sahar Tehupelasury (18) mengisi pos penyerangan.

Sementara dikubu Persiba Balikpapan, pelatih Salahuddin memainkan pola menyerang 4-3-3 dengan kiper eks Persma Ferdiansyah (20), yang dibantu pemain belakang Andre Putra (74) – Imam Mahmudi (5) – Irvan Febrianto ( 2 ) – Taufiq (6) selaku kapten tim.

Di barisan tengah, Said (17) – Fadil Redian (15) – Yusuf Effendi (19), dan trio penyerang Beni Oktovianto (10) – Benny Ashar (7) – M Rasul (18).

Pertandingan di pimpin wasit Agus Setiawan (Jawa Tengah), dua asisten wasit Yulianto (Jawa Tengah) dan Adi Irawan (Jawa Timur), serta Sunyoto (Jawa Timur) sebagai wasit cadangan.

Sejak peluit babak pertama, Persiba langsung menguasai permainan dan menekan tuan rumah dari berbagai sisi.

Bahkan di 15 menit awal, Persiba sempat memperoleh dua kali tendangan bebas di dekat kotak penalti namun belum berhasil menciptakan gol.

Memasuki menit 16′, 4042 penonton yang hadir langsung riuh setelah gol pemain BFC Sulut United Sahar Tehupelasury mengejutkan pemain-pemain Persiba yang tampil apik.

Proses gol berawal ketika pemain Persiba kehilangan bola, para pemain tuan rumah yang menguasai bola bermain pendek dari kaki ke kaki.

Begitu mendekati kotak 16, Sahar yang menguasai bola mencoba melakukan tendangan ke arah gawang Persiba.

Tendangan mendatar Sahar sempat di blok pemain bertahan Persiba, tapi arah bola langsung berubah melambung dan melewati kiper Ferdiansyah yang sudah mati langkah.

Skor menjadi 1-0 untuk BFC Sulut United, dan unggul sementara atas Persiba.

Usai gol tersebut, Persiba mulai meningkatkan serangan melalui kedua pemain sayapnya. Namun selalu berhasil dipatahkan oleh pemain-pemain Sulut United.

Serangan Persiba yang gagal, di manfaatkan tuan rumah melakukan serangan balik ke area pertahanan Persiba oleh pemain tengah maupun para penyerang.

Beberapa peluang tercipta dari serangan balik yang dilakukan, begitu juga dengan tendangan bebas Gusti Sandria yang mengirimkan bola ke tengah kotak penalti kemuduan di sambut sundulan Eksel yang hanya beberapa senti meter saja dari mistar gawang.

Menit 34′, Herry Lontoh diganjar kartu kuning setelah melanggar pemain Persiba. Berikut di menit 41′, Martinus memperoleh kartu kuning setelah mengangkat kaki terlalu tinggi dalam perebutan bola.

Jelang akhir babak pertama, para penyerang Persiba lebih sering terperangkap offside pemain belakang Sulut United.

Di masa tambahan waktu di babak pertama, Sahar Tehupelasury memperoleh kesempatan menendang bola ke arah gawang Persiba.

Namun tendangan mendatarnya masih terlalu lemah dan berhasil di tangkap Penjaga Gawang Ferdiansyah.

Skor babak pertama berakhir 1-0.

Begitu wasit meniup peluit di mulainya babak kedua, kedua tim mulai saling menyerang.

5 menit laga berjalan tepatnya menit ke 50′, tusukan pemain BFC Sulut United Gusti Sandria ke dalam kotak penalti membuahkan tendangan penalti setelah di jatuhkan pemain bertahan Persiba dari belakang hingga menghasilkan penalti.

Martinus yang ditunjuk sebagai eksekutor di menit 51′, sukses menyarangkan bola ke arah kanan penjaga gawang Ferdiansyah yang sudah menjatuhkan badan kearah sebaliknya.

Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan BFC Sulut United atas tamunya Persiba Balikpapan.

Persiba mencoba bangkit dan memasukkan pemain tengah Adre Dio di menit 51 menggantikan Fadil Redian untuk menaikan tempo permainan.

Riskal Susanto masuk menggantikan Irvan Febrianto di menit 52′ untuk memperkokoh pertahanan Persiba.

2 pemain Persiba masing-masing yakni Said di ganjar kartu kuning setelah melangga Herri Lontoh pada menit 59, dan Andre Putra yang melanggar Sahar Tehupelasury beberapa detik kemudian.

Dan di menit 61′, Salahuddin mengganti penyerang Beny Ashar dengan penyerang lainnya yakni Ismail Haris.

Permainan menyerang dari sisi sayap Persiba terus mencoba merangsek ke area pertahanan tim tuan rumah, namun taktik bertahan BFC Sulut United yang di arsiteki Herry Kiswanto masih terlalu solid untuk di tembus.

Tim tuan rumah memasukkan Donny Ramadhan Gultom untuk gantikan Mahdi Albaar yang cidera di menit 67′.

Dan pada menit 70′ Herry Lontoh digantikan Iman Pathurohman

Mustakim Ohorella kemudian menggantikan Martinus Novrianto di menit 75′.

Kiper Zinda mendapat kartu kuning di menit 77 oleh wasit yang menganggap sang penjaga gawang tersebut memperlambat permainan.

Jual beli serangan terus terjadi, dan sebuah tendangan dari luar kotak penalti oleh pemain BFC Sulut United Iwan Setiawan membentur mistar gawang.

Tak mau kalah, pemain Persiba pun mendapatkan peluang melalui tendangan bebas langsung ke gawang, namun masih bisa di tangkap oleh Zinda.

Beberapa menit sebelum waktu normal babak kedua berakhir, terobosan membahayakan Mustakim Ohorella dari pertahanan sebelah kanan Persiba mampu ditepis kiper Ferdiansyah dan bola menuju ke arah kepala Eka Putra.

Tetapi sundulannya tidak terarah sehingga bola keluar lapangan pertandingan.

Pemain Persiba, Andre Dio memperoleh kartu kuning setelah melanggar Iman Pathurohman di menit 89′.

Di masa tambahan waktu babak kedua, tepatnya dimenit 90 + 1 sebuah peluang di peroleh Persiba yang berawal dari sebuah eksekusi tendangan bebas dari pemain Persiba yang sempat gagal tetapi bola berbalik ke pemain tamu dan di sundul namun hanya membentur tiang gawang.

Tak ada tambahan gol yang terjadi hingga peluit akhir ditiup wasit, dan skor tetap bertahan 2-0 untuk kemenangan BFC Sulut United.

Dengan hasil 3 poin penuh, BFC Sulut United naik ke posisi 3 klasemen sementara Liga 2 Indonesia wilayah timur dengan raihan 7 poin dari 2 kemenangan dan 1 hasil imbang pada pertandingan sebelumnya.

Selanjutnya, BFC Sulut United akan berhadapan dengan Martapura FC di Stadion Klabat Manado pada Jumat (19/7/2019) nanti. (Maycle Soputan)

 1,570 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *