Dugaan Korupsi Dandes Wori Ada Kejanggalan

oleh -
Foto: Kantor Desa Wori

Inspirasikawanua.com – Minut, Jalannya kasus dugaan korupsi Dana Desa (Dandes) di Desa Wori Kecamatan Wori, sampai saat ini belum ada kepastian. Bahkan diindikasikan ada keganjalan dalam penanganan kasus tersebut.

Hal ini terlihat saat pihak Kejari Minut melakukan pemeriksaan terhadap Kumtua Wori, Rommy Maramis terkait belum dimasukkannya Laporan Pertanggungjawaban atau LPJ Dandes 2018, dari pihak Inspektorat Minut pun langsung memasukkan LPJ. Padahal pemeriksaan ini atas permintaan Inspektorat.

“Kumtua dalam beberapa kali pemeriksaan, selalu proaktif. Namun sayangnya, Inspektorat sudah masukkan LPJ saat pemeriksaan,” ujar Kasie Tindak Pidana Khusus Kejari Minut, Hendra Sahputra.

Dengan dimasukkan LPJ, kata Sahputra, pihak Kejari Minut pun langsung meminta total kerugian daerah dari penggunaan Dandes ke Inspektorat. Namun sampai saat ini belum ditindaklanjuti oleh Inspektorat Minut.

“Untuk mengetahui total kerugian itu hanya bisa dilakukan oleh BPKP dan Inspektorat. Sebab mereka memiliki tenaga teknis untuk pemeriksaan itu, sementara kami tidak. Laporan kerugian yanh diminta pun belum diserahkan Inspektorat,” imbuh Sahputra.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Minut, Umbase Mayuntu saat dikonfirmasi mengatakan jika dirinya belum mengetahui adanya permintaan total kerugian daerah dari pihak Kejari.

“Saya belum tahu soal itu. Nanti saya akan cek itu di kantor,” kata Umbase.

Sebelumnya, dugaan kasus penyelewengan anggaran Dandes tahun 2018 hingga 2019 di Desa Wori Kecamatan Wori, telah masuk ke meja Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut pada Kamis 1 Agustus 2019 lalu.

Ini terlihat dengan adanya pelimpahan berkas pemeriksaan dari Inspektorat Minut ke Kejari Minut Nomor 700/205/11KAB-MU/VIII/2019. Bahkan Inspektorat dan Kejari Minut telah melakukan pemeriksaan lapangan akan proyek Dandes Wori.

Namun dalam pemeriksaan yang dilaksanakan pada Senin 26 Agustus 2019 ini hanya menyangkut proyek fisik Dandes 2018.(Josua)

 504 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *