ICBC Zhongde Siap Investasi 1,3 Triliun Di TPA Ilo-Ilo, Kepel Katakan Investor Harus Ikuti Proses Lelang Terbuka

oleh
Foto : Kadis PUPR Pemprov Sulut, Steve Kepel

Inspirasikawanua.com – Manado, Rencana program prioritas Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw di Sulut untuk merealisasikan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Ilo-Ilo Wori dengan menggunakan teknologi moderen yang mampu mengembangkan sampah menjadi tenaga listrik atau Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, ternyata menarik sejumlah investor.

Foto : Kadis DLH Pemprov Sulut, Marly Gumalag (kiri), Kadis PUPR Pemprov Sulut, Steve Kepel (tengah), Perwakilan ICBC Zhongde (kanan)

Hal itu diketahui usai pelaksanaan Rapat Persiapan Kegiatan Perencanaan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan PLTSa di Ruang FJ Tumbelaka Kantor Gubernur, Rabu (16/10/2019) siang.

Menurut Kepala Dinas PUPR Provinsi Sulut Steve Kepel mengatakan, “saat ini beberapa badan usaha swasta ikut menawarkan investasi untuk pembangunan pengolahan sampah menjadi energi listrik, salah satunya ICBC Zhongde (PT Zhongde Waste Technology Indonesia) yang turut menawarkan investasi untuk membangun PLTSa Ilo-Ilo Wori senilai Rp 1,3 Triliun dengan masa konsesi selama 20 tahun dan Tipping fee senilai Rp 330 ribu/ton, dan Listrik yang dihasilkan sebesar 10 MW dari 1000 ton sampah setiap hari.”

Baca juga:  Kajari Minut dan Jajaran Ikut Rakernas Kejaksaan RI Secara Daring

Dalam rapat tersebut, Kepel mengatakan bahwa ICBC Zhongde juga mempresentasikan masterplan untuk membangun sarana Incenerator, yang mana pembangunannya akan rampung pada tahun 2021 dan langsung beroperasi.

“Rencana Pembangunan Incenerator akan rampung pada tahun 2021 dan langsung beroperasi. Penawaran dari ICBC Zhongde ini akan dikaji oleh Pemprov Sulut khususnya instansi terkait dan akan menjadi dasar pada proses dan tahap-tahap selanjutnya seperti tahap pelelangan terbuka bagi badan usaha lain yang berminat untuk berinvestasi di TPA Ilo Ilo Wori,” kata Kadis PUPR Sulut ini.

Baca juga:  Usai Terbentuk, Tim Relawan Covid-19 Desa Nain In Action

Hadir Kadis PUPR, Steve Keppel, Kadis DLH Marly Gumalag, instansi terkait,  perwakilan ICBC Zhongde serta perwakilan pemerintah kabupaten/kota yang ada di Sulut. (Maycle Soputan)

Loading