Tahun Depan 125 Desa Minut Miliki Karang Taruna

oleh -
Foto: Didampingi Kadis Dinsos-PMD, Sekda Minut Jemmy Kuhu saat memberikan sambutan kepada ratusan peserta karang taruna Minut.

Inspirasikawanua.com – Minahasa Utara, Karang Taruna merupakan satu-satunya organisasi sosial masyarakat yang berbasis anak muda dan mengakar ke desa-desa. Maka dari itu Bupati Minahasa Utara (Minut) diwakili Sekertaris Daerah (Sekda ) Minut dalam sosialisasi peraturan menteri sosial nomor 77/ huk/ tahun 2010 tentang program dasar karang taruna, mengharapkan setiap desa di Minut bisa membentuk organisasi Karang Taruna, Rabu (13/11) kemarin tepatnya di Pendopo Pemkab Minut.

Dikatakan Kuhu dengan tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda dan Penanggulangan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini sangat penting.

“iya dalam perjalanannya, Karang Taruna telah melewati fase-fase penting proses pembangunan bangsa ini. Karang Taruna telah mampu memberikan kontribusi yang sangat nyata bagi pembangunan Indonesia dan dimulai dari desa,” ujar Kuhu.

Sekda pun mengingatkan agar Karang Taruna dapat menjalankan perannya yang strategis sebagai yang terdepan dalam kegiatan yang berkaitan dengan sosial dan kepemudaan.

“Minut sendiri baru seberapa karang ratuna yang terdaftar dan saya harapkan untuk kedepannya setiap desa harus memiliki karang taruna dan melaporkan ke pihak terkait,” jelas Kuhu.

Sementara itu, Kepala dinas sosial serta pemberdayaan masyarakat desa (Dinsos-PMD) Bobby Najoan SH melalui Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial Minut, Ennola Wenas dalam kesempatan tersebut mengakui jika desa dan kelurahan di Kabupaten Minut belum semuanya memiliki organisasi Karang Taruna. Untuk itu diharapkan bagi Hukum Tua (Kumtua) dan Lurah bisa membentuk Karang Taruna pada tahun 2020 mendatang.

“60% desa di Minut telah memiliki organisasi Karang Taruna. Desa yang tidak ada organisasi ini, tak akan mendapatan bantuan dari Dinsos dan Kemensos untuk PMKS,” tuturnya. (josua)

 448 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *