Ajak Parpol Berpartisipasi di Masyarakat KPU Minut Gelar Sosialisasi

oleh -
Foto: KPU Minut saat menggelar kegiatan sosialisasi di hotel Sutanraja

Inspirasikawanua.com – Minahasa Utara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut menggelar kegiatan sosialisasi undang-undang pilkada, tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Minut tahun 2020 dan peran serta partai politik dalam peningkatan partisipasi masyarakat, Kamis (19/12/2019) di Sutanraja Hotel.

Sementara pemateri yakni mantan Komisioner KPU RI Srimulyanti dan Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan serta moderator oleh Hendra Lumanauw selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Ketua KPU Minut, Stela Runtu mengharapkan agar partai politik Parpol yang ada di Minut untuk dapat ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan Pilkada 2020.

“Kiranya sosialisasi ini bisa terserap oleh peserta khususnya Parpol yang ada di Minut,” imbuhnya.

Sementara itu, mantan Komisioner KPU RI, Srimulyanti sebagai pemateri terkait peran politik sangat penting untuk mendukung indeks demokrasi Indonesia. Untuk itu Parpol diminta harus mampu bersaing dengan yang lain dan harus berintegritas. Diharap juga agar Pilkada Minut menjadi percontohan daerah lain.

“Sebab Minut punya tantangan tertinggi karena memiliki pulau sehingga diharapkan distribusi hingga keamanan daerah harus terjaga. Untuk itu, koordinasi dengan KPU Sulut sangat penting,” katanya.

Komisioner KPU Sulut, Yessy Momongan dalam materi tahapan Pilkada mengatakan, jika sesuai tahapan untuk calon perseorangan, waktu pemasukan berkas tanggal 19-23 Februari 2020. Dijelaskan juga jika kampanye dari Bupati/Walikota yang maju sebagai calon gubernur, hanya cuti saat masa kampanye.

“Beda kalau incumbent gubernur harus cuti selama 60 hari atau 2 bulan,” ujarnya.

Pelaksanaan Pilkada akan dilakukan tanggal 23 September 2020 mendatang. Untuk itu diharapkan kepada lembaga Pemilu maupun pasangan peserta Pilkada agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Sebab pada tanggal itu adalah penentu pemimpin daerah 5 tahun kedepan sehingga pengawasan bersama perlu dilakukan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini utusan dari partai politik dan pers. (jos)

 486 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *