Disperkim Minut, Pengembang Perumahan dan REI Sulut Bahas Bantuan PSU Dari Kementerian PUPR

oleh -891 views

Minahasa Utara, Inspirasikawanua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), mengelar pertemuan terkait bantuan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) dari Kementerian PUPR Tahun 2020.

Rapat yang dipimpin langsung mewakili bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Minut Jemmy H Kuhu tersebut berlangsung diruangan Sekda sekira pukul 09.00 Wita, Kamis (05/03/2020).

Usai rapat Sekda Kuhu menuturkan jika rapat tersebut membahas terkait bantuan PSU dari Kementerian PUPR.

“Hasil rapat, ada beberapa item yang harus dipenuhi pihak pengembang terkait sarana umum seperti air bersih dan sampah.
Setelahnya saya sudah siap menandatangani penyerahan aset tersebut dari pihak pengembang ke pemerintah kabupaten,” ujar Kuhu.

Sementara itu, Ketua DPD Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Sulut Sonny Mandagi didampingi
Wakil Ketua Benigno Polii, Sekretaris eksekutif REI Chres Solambela dan Bendahara Agus Londong menuturkan jika pertemuan kali ini adalah untuk penyerahan aset dari pihak pengembang ke Pemkab Minut.

“Pada dasarnya bantuan ini sudah turun dan pekerjaan semuanya sudah selesai, tinggal penyerahan aset ke pemerintah Kabupaten dan untuk itu sudah disetujui dan ditanda tangani pak Sekda.
Dari Sekda ada beberapa persyaratan yang umum yang diminta Pemkab dan pada umumya itu sudah dilakukan pihak pengembang,” beber Mandagi.

Terpisah Kadis Perkim Oktafianus Tooy didampingi Sekretaris Dinas Donald Tintingon dan Kabid Perumahan dan Pertanahan Vandy Posumah, menjelaskan secara detil terkait rapat tersebut.

“Kami pihak Disperkim menggelar pertemuan antara para Pengembang Perumahan dan dari REI Sulut, tentang penyerahan aset dati pengembang ke pemkab dan yang mendapatkan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) dari Kementerian PUPR Tahun 2020. Bantuan tersebut berupa jalan Paving. Dan apa saja kewajiban pengembang perumahan untuk pembangunan perumahan yang siap untuk dipasarkan, terkait tersedianya sarana seperti air bersih, listrik, jalan, juga prasanana umum dan sosial juga termasuk ruang terbuka hijau sesuai ketentuan yang berlaku,” beber Tooy.

Ditambahkan Tooy untuk berita acara PSU 2018 dalam waktu dekat ini dari dinas Perkim Minut akan menyampaikan dan membawanya langsung ke Kementerian PUPR di Jakarta.

“Karena kalau belum disampaikan penyerahan aset 2018 maka berpengaruh kepada bantuan PSU 2020. Bantuan itu akan terlambat penyalurannya, jadi harus disampaikan dalam waktu dekat ini karena PSU 2020 sudah dilaksanakan Detail Engineering Design (DED) dan akan dilanjutkan nanti Mutual Check 0% (MC-0) oleh Kementrian PUPR dan setelah disampaikan berkas 2018 maka kemungkinan dari Kementrian PUPR akan turun untuk MC.0 kepada penerima PSU 2020,” tutup Tooy.

Hadir dalam kegiatan tersebut dari pihak pengembang perumahan, PT Dharmabhakti Ekaperdana (Agape Grya), PT Matungkas Maju Bersama (Land of Residence), PT Karya Putra Kawanua ( Hunian Asri Matungkas), PT Citra Permai Lestari (Greenville Villa), PT Elfando Bersaudara Sentosa (Citra Regenscy Dimembe – Green Kawangkoan Residence), dan PT Klabat Nusa Indah Permai (Puri Citra Indah). (Josua)

 1,814 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *