Ditangan Bupati VAP, Kabupaten Minut Masuk 10 Kawasan Metropolitan Dari Kementerian PUPR

oleh -292 views
Foto : Bupati DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan

Minahasa Utara, Inspirasikawanua.com – Ditangan dan dibawah kepemimpinan Bupati DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) masuk menjadi salah satu prioritas kawasan metropolitan dari sepuluh kawasan metropolitan di Indonesia yang akan digenjot oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Boby Najoan.

“Ada sepuluh kawasan metropolitan di Indonesia yang akan digenjot oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Salah satunya Kabupaten Minahasa Utara. Untuk Kabupaten Minahasa Utara ada lima kawasan perkotaan yang nantinya akan dikembangkan dan masuk dalam perencanaan tata ruang kawasan metropolitan meliputi kawasan perkotaan Airmadidi, kawasan perkotaan Likupang, kawasan perkotaan Tatelu, dan kawasan perkotaan Munte, juga kawasan perkotaan Wori,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Boby Najoan pada beberapa waktu lalu.

Foto: Kadis PUPR Minut Boby Najoan

Lanjutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI memiliki program perencanaan untuk kawasan metropolitan Bimindo yang nantinya akan menjadi kawasan strategis nasional dari sudut kepentingan ekonomi, nanti semuanya itu akan membentuk kawasan metropolitan, melalui Badan Pengembangan Infrastruktur wilayah.

“Tentunya ini harus diapresiasi dan patut didukung, sebab, ini arahan dan program langsung dari Kementerian PUPR, saat ini sementara menyusun perencanaan untuk pembangunan infrastruktur khususnya infrastruktur PUPR yang rencananya akan menjadi kawasan Bimindo, tentunya produk dari perencanaan program ini diharapkan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat supaya perekonomian bisa tumbuh sehingga nanti akan membuka lapangan pekerjaan.

Program strategis ini didukung oleh Pemerintah Daerah, Bupati Kabupaten Minut DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh yang mengarahkan agar semua untuk dapat berkoordinasi, berkolaborasi, bersinergi dengan baik, karena di Kabupaten Minut menjadi salah satu fokus perhatian dari Pemerintah Pusat termasuk Kementerian PUPR, kita akan dibangun KEK Pariwisata Likupang yang merupakan satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia, sehingga banyak kegiatan-kegiatan dari Pemerintah Pusat termasuk Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata yang datang untuk melakukan kegiatan-kegiatan di Minut,” kata Najoan.

Ditambahkan Najoan, jika ada permintaan data sebagai dukungan untuk nantinya boleh mendukung program kawasan Bimindo dan saat ini sementara disusun juga rencana tata ruang untuk kawasan Bimindo tersebut, sehingga tentunya ini akan dilihat dari berbagai aspek, dari peran fungsi tata ruang, kebijakan-kebijakan dan strategi penataan ruang di kawasan Bimindo khususnya di Minut itu seperti apa, kemudian visi pengelolaan kawasan itu bagaimana, dan satu hal juga yang paling penting adalah bagaimana peran serta masyarakat dan Pemerintah Desa, artinya ini bukan hanya peran Pemerintah Kabupaten Minut.

“Kita akan bersinergi dan berkolaborasi agar supaya nanti kegiatan-kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan, untuk saat ini ada beberapa wilayah yang tadi saya sampaikan itu, sementara dari Balai Infrastruktur Wilayah mereka melakukan pengolahan data nanti berkoordinasi juga dengan Bupati Minahasa Utara DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh untuk nantinya ada dukungan dalam kegiatan tersebut, saya kira program ini sangat mendukung program pengembangan pembangunan KEK Pariwisata Likupang, pengembangan infrastruktur wilayah yang akan dilaksanakan disana khususnya dari Bandara Talawaan sampai ke KEK Pariwisata Likupang”, Kadis Boby sapaan akrap Najoan. (Josua)

 607 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.