RSUD ODSK Soft Opening, Gubernur Olly Harapkan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Masyarakat Sulut

oleh

Manado, Inspirasikawanua.com – Soft Opening Rumah Sakit Umum Daerah ODSK (Optimalisasi Daerah Sehatkan Keluarga) dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw, Rabu (9/6/2021) pagi.

Menurut Gubernur Olly, kehadiran RSUD ODSK membuktikan negara hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Ini jadi suatu harapan bagi kita sehingga masyarakat Sulut bisa mendapatkan pelayanan hari ini hingga kedepannya,” kata Gubernur Olly

Dilanjutkan Gubernur, pekerjaan pembangunan secara keseluruhan dari rumah sakit ini diharapkan dapat segera rampung di tahun 2021 ini.

“Rumah sakit ini baru soft opening bukan peresmian. Walaupun demikian, ini sudah bisa dimanfaatkan melayani masyarakat sehingga manfaat untuk pelayanan Kesehatan bagi masyarakat dapat mulai dirasakan karena sudah hampir 80% masyarakat Sulawesi Utara di cover oleh BPJS,” ujar Gubernur

Lebih jauh, Gubernur Olly menjelaskan dengan melihat pengalaman keberadaan rumah sakit swasta yang beroperasi tidak ada yang menyatakan rugi, karena dikelola dengan baik dan profesional sehingga diharapkan dapat menjadi penyumbang PAD.

“Tujuan membangun Rumah Sakit ini bukan untuk persaingan antar Rumah Sakit tapi bagaimana Sulut menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan bagi daerah-daerah disekitarnya, ini menjadi salah satu tujuan kita, agar Sulut akan dikenal sebagai Kota Jasa Bagi Pelayanan Kesehatan,” jelasnya

Baca juga:  Tyas Fatoni Ajak Kader PKK Sulut Jadi Pelopor AKB

Diketahui, rencana pembangunan Rumah Sakit Daerah Provinsi Sulawesi Utara ini direncanakan dan dibangun pada saat belum ada Pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr. Debie Kalalo menuturkan saat ini RSUD telah membuka layanan bagi masyarakat masih sebatas pelayanan IGD (Instalasi Gawat Darurat) serta Poliklinik-poliklinik yang ada.

“Untuk sementara yang ada poli Kesehatan Ibu dan Anak kemudian pelayanan Hemodialisa, nanti kedepan sembari peningkatan fasilitas yang ada tentunya pelayanan akan lebih dimaksimalkan,” ujar dr. Debby Kalalo usai Soft Opening RSUD ODSK tersebut

Kalalo juga menyampaikan bahwa saat ini ketersediaan tempat tidur bagi pasien di RSUD ODSK sebanyak 376 dan akan menambah tenaga medis seiring dengan penambahan fasilitas-fasilitas yang kedepannya.

Selain itu juga, RSUD ODSK menyediakan fasilitas Helipad yang diperuntukkan bagi pasien rujukan antar daerah sebagai antisipasi jika menerima pasien rujukan antar daerah kabupaten/kota yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit ini.

Baca juga:  Walikota Manado Ungkap Program 2019 Dalam Tatap Muka Dengan Jurnalis

Terpisah, Dirut RSD Provinsi Sulut ODSK dr Greity Ingrid Giroth menyatakan layanan kesehatan di RSUD ODSK ini sementara tetap mengoptimalkan tenaga kesehatan yang sudah ada sambil terus akan menambah SDM tentu seiring bertambahnya fasilitas kesehatan yang dimiliki.

“Sebetulnya kita masih terus menambah tenaga medis seiring dengan penambahan fasilitas pelayanan dengan alat-alat kesehatan. Karena ini rumah sakit pemerintah, jadi dalam proses pengadaan alat itu ada aturannya,” terang dr. Inggrid.

Nampak hadir dalam soft opening ini, Ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey -Tamuntuan, dr Devi Kandouw Tanos, Dharma Wanita Ivonne Silangen-Lombok, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DPRD Fransiscus Silangen Wakil Walikota Manado Richard Sualang, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr. Debie Kalalo dan Dirut RSD Provinsi Sulut ODSK dr Greity Inggrid Giroth. (Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *