Kemenkes RI dan UNSRAT Tandatangani Kerjasama, Rektor Ellen Kumaat Apresiasi Bantuan Alat Whole Genome Sequencing, Illumina Miseq

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado dan Kementerian Kesehatan RI menandatangani perjanjian kerjasama di bidang penelitian Kesehatan, pada Kamis, (30/6/2022).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu DHSM, MARS dalam sambutannya mengatakan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan yang pertama di tandatangani Kementerian Kesehatan RI dengan pihak Universitas, dan Universitas Sam Ratulangi adalah yang pertama.

“Dengan adanya kerjasama diharapkan, akan mempercepat mendorong terwujudnya kebijakan kesehatan yang berdasarkan evidence based sebagai kajian dan surveilans genomika dalam bidang kesehatan”, kata Dirjen Maxi Rondonuwu.

Baca juga:  Lewat Musyawarah, Pemdes Lantung Tetapkan 51 KPM Penerima BLT DD 2023

Sementara itu, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dalam sambutannya mengatakan seluruh civitas akademika UNSRAT menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang telah memberikan alat whole genome sequencing, illumina miseq kepada UNSRAT.

“Alat ini sangat membantu di samping penelitian, juga untuk keperluan masyarakat luas”, ujar Rektor Ellen Kumaat.

Rektor berharap ini bisa digunakan langsung dari Dekan Fakultas Kedokteran dan Kepala Laboratorium Dr. Janno Bernadus untuk terus menjaga, merawat dan memaksimalkan penggunaan alat ini.

Baca juga:  Belum Ada Perbaikan Bertahun-tahun, Tiga Kelas di SDN 46 Manado Rusak Berat

“Mesin ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Sulawesi Utara”, pungkasnya. (Gabey)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *