Pemprov Sulut Sukses Laksanakan Rangkaian Peringatan Upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sukses melaksanakan sejumlah kegiatan dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan, diawali pada hari Senin (15/8/2022) dengan Pengukuhan 30 orang utusan dari 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw di halaman Kantor Gubernur Sulut.

Paskibraka ini akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih tingkat provinsi yang akan digelar di lokasi yang sama pada 17 Agustus 2022.

Selanjutnya pada hari Selasa (16/8/2022), Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2023 dan Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2021-2022 yang diikuti secara virtual di Gedung DPRD Sulut.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menegaskan komitmen pemerintah untuk melanjutkan agenda-agenda besar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju dan membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Berikutnya di hari Rabu (17/8/2022) tepat pukul 00.00 Wita, dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci guna mengenang jasa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan RI yang di pimpin Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado.

Apel ini diawali dengan perhormatan kepada Arwah Pahlawan, lalu Pembacaan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Mengheningkan Cipta, Pembacaan Doa dan Penghormatan kepada Arwah Pahlawan.

Wagub Kandouw selaku inspektur upacara membacakan Naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor yang mengitari monumen di TMP Kairagi.

Baca juga:  DPRD Manado Gelar Rapat Paripurna LKPJ Wali Kota

Wagub menyampaikan bahwa sebagai bangsa besar harus menghormati jasa pahlawannya yang telah gugur dalam pengabdian terhadap perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan selanjutnya, Upacara Penyerahan Remisi Umum kepada Narapidana dan Anak Pidana oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sekdaprov Sulut) Praseno Hadi di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Manado.

SK remisi diberikan bagi 1.557 orang Napi yang berada di seluruh Lapas yang ada di Sulut, termasuk 283 Napi yang ada di Lapas Kelas IIA Manado yang diserahkan secara simbolis melalui 3 perwakilan warga binaan. Pemberian remisi didasarkan pada perilaku mereka selama menjalani pidana serta disaksikan jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut.

 

Puncak peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di tahun 2022, dilaksanakan dengan Upacara Pengibaran bendera Merah Putih oleh 30 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dengan khusyuk dan khidmat yang dipimpin Komandan Paskibra, Letda Laut (PM) R Kusuma Wijanarko di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Gubernur Olly Dondokambey kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), adapun Komandan upacara Letkol Laut (PM) Damianus Denny Nixon Ogi, S,Ap M,Si M, Tr Opsia yang adalah Komandan Polisi Militer Lantamal VIII Koarmada II dan pembawa acara Peltu Kowal Elin Kandouw. Sementara yang bertindak sebagai perwira upacara, Mayor Marinir David Senewe.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Sulut dr Fransiskus Andi Silangen membacakan teks Proklamasi. Kemudian pembacaan doa oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Utara H Anwar Abubakar.

Diketahui, Upacara dikuti empat pleton TNI-Polri yang terdiri dari satu satuan setingkat pleton (SST) TNI AD, 1 SST TNI Angkatan Laut, 1 SST TNI Angkatan Udara dan 1 SST Polda Sulut.

Baca juga:  KPU Minut : Makase Pemilih so Bacoblos di TPS

Satuan musik Kodam 13 Merdeka di pimpin oleh Kapten CAT M.Ilyas. Selanjutnya kompi Aparatur sipil Negara, terdiri dari 1 SST Satpol PP – 1 SST Dinas Perhubungan Daerah, 1 SST Dinas Kehutanan Daerah, 1 SST Dinas pendidikan Daerah dan 1 SST Bappeda.

Selesai upacara penaikan bendera merah putih, OD-SK mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022 secara Virtual dari Wisma Negara Bumi Beringin Manado.

 

Di sore hari, Gubernur Sulut Olly Dondokambey kembali bertindak selaku inspektur upacara dalam
Upacara Penurunan Bendera/Upacara Serenade di Lapangan Kantor Gubernur Sulut.

Adapun yang menjadi komandan upacara yaitu Komandan Batalyon Zeni Tempur 19/Yuda Karya Letkol CZI Hanif Tupen.

Setelah itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw mengikuti Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang berlangsung di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari Wisma Negara Bumi Beringin Manado.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Kolonel Pnb. Agni Prayogo.

Penurunan Bendera Merah Putih dilakukan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinamai Pancasila Sakti. Kemudian bendera diserahkan kepada Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara untuk disimpan kembali.

Diketahui selesai upacara, Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dipindahkan dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional.

Hadir mengikuti Upacara Penurunan Bendera secara virtual di Rudis Gubernur, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Praseno Hadi, Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Sulut Kartika Devi Tanos dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut. (Advetorial DKIPS-IK)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *