Civitas Akademika Ziarah Ke Makam Mantan Rektor Unsrat

oleh

Minahasa, www.inspirasikawanua.com –
Civitas akademika Universitas Sam Ratulangi Manado, melakukan ziarah ke makam Pahlawan dan para mantan rektor, Jumat (19/8/2022).

Ziarah ini merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-61 Unsrat Manado yang telah digelar secara daring dan resmi dibuka Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, M Sc, DEA, pada Jumat 12 Agustus 2022.

Adapun ziarah ini dilakukan dengan mengunjungi 7 lokasi makam, yakni makam GSSJ Ratulangi di Tondano, dan enam dari delapan makam mantan Rektor Unsrat.

Enam makam rektor Unsrat yang diziarahi, yakni Rektor ke-3 Dr F H Palilingan, Rektor ke-4 Prof Mr G M A Ingkiriwang, Rektor ke-5 Prof Dr Hendrikus Kandou, Rektor ke-6 Prof Dr W J Waworoentoe, Rektor ke-7 Prof Drs Ronie S Tangkudung, Rektor ke-8 Prof Dr Ir Jopie Paruntu, MS.

Baca juga:  162 KPM Desa Nain Resmi Terima BLT DD Tahap II

Kegiatan ziarah ini diawali dengan memberikan penghormatan serentak tepat jam 10.00 wita dari Makam Pahlawan Nasional G. S. S. J Ratulangi di Tondano, serta digelar secara hybrid, baik online maupun onsite dari setiap lokasi ziarah.

Dalam sambutannya, Rektor Unsrat Ellen Kumaat mengatakan, memaknai Dies ke-61 di Tahun 2022 ini, walau ziarah dilakukan secara hybrid, namun nilai yang dipegang tidak berubah.

“Peringatan Dies Natalis Unsrat tidak lepas dari jasa para tokoh yang pernah memimpin dan menginspirasi berdirinya universitas ini,” ungkap Rektor Ellen Kumaat.

Baca juga:  Gubernur Olly Tinjau Pembangunan Proyek Bendungan Senilai 1,4T, Kementerian PUPR Targetkan Selesai Tahun 2021

Menurutnya, jika bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, demikian pula Unsrat sebagai perguruan tinggi yang besar patut menghargai para pendahulu yang jasa-jasanya pantang dilupakan.

“Menghargai jasa para tokoh pendiri dan pemimpin Universitas Sam Ratulangi tidak hanya sebatas mengenang dalam hati dan berterima kasih, tetapi juga dengan cara meneladani sikap serta perbuatan mereka,” tandasnya. (*Gabey)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *