Cakun Nomor Urut 4 Vikan Manarat Siap Membangun Ekonomi dan Pariwisata Desa Paputungan Berbasis Gotong Royong

oleh -136 views

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemilihan Hukum Tua di kabupaten Minahasa Utara (Minut) susah melewati beberapa tahapan hingga kemarin selesai tahapan kampanye. Sama halnya Desa Paputungan, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara, proses dalam Pilhut ini berlangsung alot. Terdapat lima kandidat yang sedang bertarung sambil memapar visi dan misi mereka. Salah satu calon Hukum Tua (Cakun) yang tampil dengan visi dan misi membangun ekonomi dan pariwisata Paputungan adalah Tinno Vikan Manarat, SPd.

Pengalaman sebagai Pendamping Desa Paputungan, membuat Vikan Manarat menyadari betul kondisi riil desa yang harus segera ditata dan dibangun.

Ada delapan poin misi yang akan diperjuangkan Vikan Manarat. Misi yang disodor Vikan umumnya menyentuh ekonomi masyarakat, pengembangan pariwisata dan sumber daya manusia (SDM).

“Kami menyadari Paputungan adalah desa dengan potensi ekonomi dan pariwisata yang sedang menjadi perhatian Nasional bahkan dunia. Sudah ada investor yang masuk. Karena itu, tekad saya adalah menyiapkan SDM warga yang memadai, berbudaya dan siap kerja. Kemudian menata sektor pariwisata agar makin menarik minat wisatawan domestik maupun nondomestik ke Paputungan. Dengan begitu tujuan menyejahterakan masyarakat akan tercapai,” terang calon Hukum Tua Nomor Urut 4 itu, Jumat (23/9/2022).

Menurut Vikan Desa Paputungan memiliki sumber daya alam yang sangat baik. Pantai dan laut yang menarik perhatian dunia. Bahkan termasuk salah satu Daerah Super Prioritas Pariwisata. Kemudian sektor pertanian yang juga mendukung. Karena itu, Vikan bermaksud sungguh-sungguh menggerakkan ekonomi masyarakat dan UMKM.

“Tentu berbasis gotong royong membangun desa. Karena itu merupakan kearifan dan budaya kita. Bangun bersama, kerja bersama dalam semangat persaudaraan,” ujar Vikan.

Secara detil, Vikan memaparkan visi dan misinya sebagai berikut;

Visi

Terwujudnya Desa Paputuangan yang Bersih, Mandiri melalui Perubahan untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat dengan Berlandaskan Iman dan Gotong Royong.

Misi

1. Mewujudkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi hukum tua secara konsisten dan integritas
2. Mewujudkan Desa Paputungan yang bersih aman dan nyaman
3. Mengembangakan Bumdes sebagai ekonomi penggerak desa
4. Mengembangkan potensi di bidang pariwisata, ekonomi dan kreatif serta UMKM
5. Mengembangkan SDM melalui pelatihan-pelatihan dan beasiswa bagi anak yang berbakat
6. Mengembangkan budaya gotong royong dan menjalin kerja sama dengan semua pihak
7. Memperhatikan kesejahteraan para lansia
8. Mengembangkan program PKK

Diketahui, Desa Paputungan, Likupang, memiliki pasir laut dan view bawah laut yang menakjubkan. Di sana terdapat mangrove, keragaman hayati dan terumbu karang yang indah. Pantai sekitar Desa Paputungan dan laut bawah laut Likupang itu surga tersembunyi yang belum banyak terekspos.

“Saya bertekad bersama masyarakat mengangkat Desa Paputungan agar benar-benar mandiri, sejahtera dan dikenal dunia,” pungkas Vikan Manarat. (Josua)

 426 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.