Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Serentak 2024, KPU Segera Lantik 8.609 Pantarlih Se Sulut

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus mematangkan sejumlah tahapan untuk kontestasi politik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Untuk hal itu KPU Sulut saat ini sementara melakukan persiapan pemutakhiran data pemilih untuk pemilu serentak 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Sulut Amrain Razak saat membuka media gathering bertemakan Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Serentak 2024, di Primadona Cafe, Rabu (1/2/2023) menuturkan, jika tahapan Pemilu serentak tahun 2024 saat ini sudah berjalan.

“Tahapan seperti, pembentukan badan adhoc yang sudah selesai, dan tanggal 6 Februari nanti akan ada pelantikan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) serentak di seluruh kabupaten kota se Sulut,” kata Razak

Baca juga:  Hadapi Penyebaran Covid 19, Pemprov Sulut Siapkan Rumah Singgah Bagi ODP

Pantarlih nanti bakal bertugas untuk mendatangi rumah-rumah masyarakat untuk mendata terkait kesiapan pada Pemilu mendatang.

Sementara itu, Kepala Divisi Data dan Perencanaan KPU Sulut Lanny Ointu menjelaskan lebih rinci untuk tugas Pantarlih.

“Ada 8.609 Pantarlih se Sulut yang akan dilantik pada 6 Februari nanti, usai dilantik sebelum turun lapangan di 15 Kabupaten/Kota se Sulut, Pantarlih ini akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kesiapan pengambilan data penduduk, sekaligus menyosialisasikan Pemilu 2024. Agar nanti mereka dapat memastikan data pemilih yang akurat dan valid,” terang Lanny.

Ditambahkannya, Partarlih nantinya akan turun langsung dari rumah ke rumah masyarakat untuk melakukan pencocokan dan penelitian atau Coklit data pemilih.

Baca juga:  Buka Rapat Evaluasi Pengelolaan Keuangan PD, Wagub Kandouw Minta Segera Konsolidasi Setiap Ada Permasalahan

Lanny Ointu juga meminta masyarakat agar dapat berpartisipasi dengan membantu Pantarlih melaksanakan tugas lapangan.

“Petugas Pantarlih akan datang di rumah bapak ibu sekalian, jangan usir mereka,” harap Lanny.

Lanjutnya, tanggal 12 Februari 2023 nanti KPU Sulut akan memulai Coklit atau pencocokan dan penelitian di setiap rumah masyarakat melalui petugas Pantarlih.

Ia juga mengimbau apabila ada masyarakat yang belum memiliki identitas sebagai prasyarat dalam pemilihan agar segera mengurusnya.

“Yang belum ada KTP Elektronik kiranya segera untuk mengurusnya, jangan sampai sudah mendekati waktu pemilihan baru diurus, apalagi pemilih pemula,” Harap Lanny Ointu. (Josua)

Loading