Gubernur Olly Dondokambey Resmikan Penerbangan Reguler dan Cargo Manado-Tokyo

oleh

Manado, www inspirasikawanua.com – Penerbangan langsung atau Direct Flight reguler dan cargo Manado-Tokyo Narita (Jepang) sudah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada Kamis (2/3/2023) dinihari.

Pembukaan jalur penerbangan ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Olly didampingi Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Bea Cukai Manado, Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Kepala Karantina Pertanian, Kepala KKP Kelas II Manado, GM PT Garuda Indonesia dan Kepala BKIPM Manado.

Dalam sambutannya, Gubernur Olly menyampaikan optimis kerja sama bilateral ini bisa memberikan feedback yang sepadan dengan pemerintahan Tokyo (Narita) dari sejumlah sektor.

“Provinsi Sulut merupakan pintu gerbang “Asia-Pasifik”. Arus perdagangan skala internasional menjadi ladang bagi Sulut untuk kembali bangkit dari terpaan pandemi Covid-19. Provinsi Sulut khususnya Kota Manado menjadi pilar penting investasi setelah Jepang lebih memilih Kota Manado dibandingkan kota-kota lain di Indonesia,” tutur Gubernur.

Baca juga:  Presiden Jokowi Kunker di Sulut, di Sambut Gubernur Olly Dondokambey bersama Forkopimda

Gubernur Olly menargetkan setiap minggu sedikitnya 50 orang turis Jepang akan masuk ke Sulut, meskipun sebelumnya telah ada jalur melewati Singapura.

“Saya kira akan meningkat dengan adanya penerbangan langsung dan jarak tempuhnya juga sangat pendek, kurang lebih lima jam lebih sedikit,” ungkap Gubernur Olly usai peresmian di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulut.

Menurut Gubernur Olly, sektor pariwisata akan memberikan dampak positif bila wisatawan dari Jepang bisa datang langsung ke Sulut.

Lebih lanjut, Gubernur Olly menuturkan direct flight ini juga akan turut membangkitkan gairah eksportir ikan Tuna dan memberikan keuntungan besar bagi para nelayan.

“Harganya kalau dulu 30 ribu per kilo sekarang 19 ribu. Ini dampaknya sangat besar untuk ekspor kita, apalagi nelayan dan pengusaha ikan Tuna di Sulut,” terangnya.

“Semua ini bisa berjalan dengan baik karena dukungan dari PT Garuda Indonesia, Bea Cukai, dan Imigrasi sehingga bisa bekerja sama dengan baik,” sambungnya.

Baca juga:  Dihibahkan Ibu Janda Berhati Mulia Gesye Montung, Desa Kuwil Miliki Lahan Pekuburan Yang Baru

Gubernur Olly kembali mengatakan, dengan adanya direct flight Manado-Tokyo (Narita), industri Jepang juga sangat bermanfaat. Mereka bisa langsung mengimpor barang-barang kebutuhan, produk-produk industri yang sudah ada di sini.

“Misalnya peralatan-peralatan alat berat, spare parts juga dari Jepang, mobil juga banyak. Saya kira itu sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi di sulut,” pungkasnya.

Turut serta dalam rombongan pada penerbangan ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulut, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut, Ketua DPRD Andy Silangen dam sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sulut, Sekdaprov Steve Kepel, para pelaku wisata di provinsi Sulawesi Utara. (Advertorial Dkips-Ik)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *