Dubes Polandia Kunjungi Unsrat, Siap Fasilitasi Kerjasama di Bidang Pendidikan dalam Peningkatan SDM

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska melakukan kunjungan ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado pada Senin (20/3/2023).

Kunjungan Dubes Polandia ini diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Soleman Gerung M.Sc.

Beata mengatakan pihaknya bisa menjembatani kerja sama Unsrat dengan Universitas yang ada di Polandia di bidang pendidikan dalam meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Tujuan saya untuk mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan. Pemerintah kami menyiapkan beasiswa untuk mahasiswa Unsrat agar bisa studi di Polandia,” ujarnya.

Baca juga:  Polsek Wori Terima Penghargaan Kapolresta Manado Terkait Kinerja

Rencana Pemerintah Polandia menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa disambut baik pihak Unsrat dengan mulai membuka pendaftaran bulan ini.

“Kami memiliki mahasiswa dengan kemampuan bahasa inggrisnya yang luar biasa. Di Polandia memiliki kelas internasional untuk mahasiswa-mahasiswa dari luar negeri,” ungkap Kepala UPT layanan Internasional Unsrat, Dr Ir Reiny A. Tumbol, M.App.Sc.

Dikatakan Reiny, Unsrat sendiri akan memulai kolaborasi kerjasama dengan mengundang dosen tamu atau dibuatkan seminar. Begitu juga dosen Unsrat bisa menjadi tamu di Polandia.

“Bisa juga kerjasama ini seperti pertukaran mahasiswa. Kemudian kerjasama penelitian,” terangnya.

Baca juga:  KPU Minut Lantik 30 Sekretariat PPK

Reiny juga menjelaskan saat ini Unsrat memiliki mahasiswa dari program pemerintah lewat LPDP yang dinamakan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Tahun 2021 Unsrat punya 4 mahasiswa, 2022 memiliki 5 mahasiswa dan tahun 2023 sementara dalam proses rekrutmen. (*/Jo)

Ia berharap kuota untuk Unsrat tahun ini bisa naik. “Sebab tahun ini dari 35 pendaftar lolos berkas sudah 28 mahasiswa. Mudah-mudah kuota dari Unsrat akan naik,” terang Reiny Tumbol. (*/Jo)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *