Evaluasi Kinerja Bupati Bolmong dan Sangihe, Pemprov Sulut Inginkan Pj Tetap Berlanjut

oleh

Manado, www.inspirasikawanua.com – Kinerja Penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan dan Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit saat ini sementara dievaluasi oleh tim evaluasi pemerintah provinsi, Jumat (13/3/2023) bertempat di Ruang Rapat Sekdaprov Sulut.

Keduanya dievaluasi secara bergantian, penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit terlebih dahulu kemudian disusul penjabat Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan.

Kepada media ini, Sekdaprov Sulut Steve Kepel mengatakan evaluasi berdasarkan dari 3 indikator yakni pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta dari indikator pertumbuhan ekonomi, IPM meningkat termasuk penurunan angka kemiskinan ekstrem, PDRB.

“Itu indikasi tingkat keberhasilan seorang kepala daerah, kalau dari usulan yang akan dilakukan oleh pemerintah provinsi menginginkan Pj ini tetap berlanjut,” ungkap Sekdaprov Steve Kepel usai evaluasi tersebut.

Kemudian Pemprov Sulut akan segera mengusulkan nama penjabat Bolmong dan Sangihe sebelum tanggal 6 April 2023.

“Pihak Kemendagri akan memilih siapa yang akan menjabat nantinya. Saat ini sementara berproses,” jelasnya.

Sementara itu, Limi menuturkan, dirinya telah bekerja maksimal sesuai sejumlah indikator dan berhasil dicapai.

Baca juga:  Tol Fungsional Manado-Bitung Di Buka, Wagub Kandouw Ingatkan Pengemudi Nimbole Baku Rebe!!!

“Terkait stunting, IPM dan peningkatan PAD semua bisa tercapai. Ini karena bentuk sinergitas antara pemerintahan OD-SK dengan Pemkab Bolmong berjalan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Lanjutnya, diperpanjang atau tidak bergantung putusan pimpinan.

“Saya tak mau mendahului. Yang penting parameter, indikator seorang Penjabat Bupati selama tugas yang diberikan pak gubernur sudah dipenuhi dan faktanya ada, data ada, Bolmong hingga kini aman, memang ada riak riak kecil tapi itu biasa,” terangnya.

Ditempat yang sama, usai di evaluasi Pj Bupati Sangihe Rinny Tamuntuan menuturkan, terkait evaluasi dari tim terhadap apa yang sudah saya lakukan dari awal menjabat sudah saya paparkan semua capaian kinerja sebagai penjabat Bupati Sangihe.

“Saya bersyukur walaupun menghadapi begitu banyak tantangan, karena wilayah perbatasan dan 93% adalah wilayah laut dengan hanya 6-7% wilayah darat tentunya itu juga merupakan tantangan bagi saya melaksanakan kepercayaan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan bekerja dengan penuh tanggung jawab,” terang Pj. Bupati Sangihe ini.

Baca juga:  Rektor Sompie Lantik Senat Unsrat Periode 2023/2027

Rinny Tamuntuan membeberkan evaluasi berdasarkan dari 3 indikator penilaian, dirinya sudah melaksanakan sesuai dengan arahan dari ODSK.

“Pembangunan infrastruktur tentunya meningkat sesuai dengan mandatory, kalau dibidang pendidikan lebih dari 20% kami anggarkan yakni sampai 27%. Kemudian dari mandatory kesehatan yang seharusnya 10%, kami anggarkan di angka 33%. Jadi tentunya pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur jalan cukup baik karena pembangunan beberapa jalan sudah terlaksana dengan baik,” tambah wanita cantik ini.

Pj Bupati Sangihe berharap bila dalam penilaian di Kementerian Dalam Negeri masih memberikan kesempatan kepada saya untuk melanjutkan tugas sebagai pejabat Bupati tentunya semua dari sisi ketiga aspek tadi. Dan kedepannya tentunya akan lebih saya fokus dan ditingkatkan,” pungkasnya.

Adapun tim evaluasi diketuai Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, dan anggota para asisten Pemprov Sulut, Kepala Inspektorat Sulut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulut, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut. (*/Maycle)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *