Ternyata Ini Tujuan Dilaunchingnya Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Minut

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Pangan Kabupaten Minut melaunching Gerakan Pangan Murah, bertempat di kantor Camat Airmadidi, Senin (26/06/2023).

Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri mengadakan Launching Gerakan Pangan Nasional di adakan langsung dari Hotel Borobudur Jakarta dan di hadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Bpk. Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri BUMN, Perwakilan Gubernur Bank Indonesia, Dirut Perum Bulog, beserta undangan.

Dalam Arahan Menteri Dalam Negeri menyampaikan tentang upaya pemerintah pusat hingga pemerintah daerah tentang inflasi yang berkaitan erat dengan pangan. Dengan adanya pasar murah ini diharapkan akan sangat membantu daerah-daerah yang ada agar kebutuhan masyarakat akan bahan pokok makanan dapat dengan mudah didapatkan.

Agenda Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dilaksanakan serentak pada 341 titik lokasi pelaksanaan, yang terdiri dari 37 provinsi dan 296 kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam rangka untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha dan terlaksana melalui kerja sama yang baik antara pihak Kementerian Dalam Negeri, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, Pemerintah Daerah melalui dinas yang membawahi urusan pangan, pelaku usaha (BUMN, BUMD, dan swasta).

Baca juga:  Antisipasi Virus Corona, Paud, TK, SD, SMP se Minut Diliburkan

Dikatakan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda bahwa beberapa kegiatan yang sudah direncanakan yaitu kerjasama dengan Stakeholder terkait termasuk forum Bulog, Kios Tani Indonesia, Indomaret, Distributor lainnya, Petani Caberawit, Pelaku usaha UMKM yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Minahasa Utara.

” Tujuannya untuk memberikan pangan murah kepada masyarakat, dampaknya mengendalikan laju inflansi menjelang menjelang hari raya idul adha yang sebentar lagi dirayakan. beberapa moment-moment kegiatan yang meningkatkan inflansi akan diantisipasi oleh pemerintah kabupaten Minahasa Utara,”  kata Bupati JG.

Lanjutnya, menurut informasi kabupaten Minut termasuk tingkat inflasi terendah dibandingkan daerah lain Indonesia juga termasuk terendah di Sulawesi Utara.

Baca juga:  Keren, Gereja Seumur Jagung, PKB nya Raih Juara III CCA Seri A Di Hapsa PKB Sinode GMIM, Ini Nama Gereja dan Aktor Dibalik Keberhasilan Itu

” Untuk kabupaten minut termasuk tingkat pertumbuhan perekonomian tertinggi dari beberapa daerah di Sulawesi Utara,” beber Bupati

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Asisten II Alan Mingkid, Kadis Pangan Minut Jemmy Kuhu, Kadis Perdagangan S M Tapada, Kadis Pertanian Wangke Karundeng, Kadis Kominfo Minut Robby Parengkuan, Kepala Inspektorat Minut Stephen Tuwaidan, Direktur PUD Klabat Hermina Masye Dondokambey, Camat Airmadidi Rocky Tangkulung, Sekertaris Camat Melky Wantania, beserta Staf Dinas Pangan, Para staf kecamatan Airmadidi, dan Masyarakat. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *