Selain Ikut Panen Bersama Masyarakat Pemkab Minut Melalui DKP Salurkan Alat Penunjang Budidaya Ikan Air Tawar

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Bupati Minahasa Utara Joune J E Ganda, SE MAP MM MSi diwakili Asisten 2 Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Allan Mingkid didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Jack Paruntu SE, menyalurkan bantuan alat penunjang budidaya Ikan Air Tawar dan melakukan panen bersama masyarakat yakni  kelompok budidaya Ikan Sehati di Kelurahan Rap-rap Kecamatan Airmadidi, Selasa (26/9/2023).

Mingkid mengatakan jika di Kabupaten Minahasa Utara memiliki salah satu potensi Budidaya Ikan Air Tawar.

“Ada beberapa kecamatan di Minahasa Utara yang sangat potensial, dimana pertumbuhan ekonomi minahasa utara saat ini bisa terserap dari kegiatan pembudidayaan ikan air tawar seperti ini,” ujar Mingkid.

Dalam setiap harinya Minut bisa melakukan panen 5 sampai 7 ton Ikan Mas dan Nila yang dipasok ke daerah Minahasa, Manado dan di Rumah Makan sekitar.

Baca juga:  Estrella Tacoh Eks Dirut PUD Klabat Bukber Dengan Warga Kamla Airmadidi Atas

“Bahkan dari hasil pembudidayaan Ikan Air tawar ini, kita sudah melakukan eksport hingga ke Jepang,” terangnya sembari memohon maaf atas ketidakhadiran Bupati, karena bertepatan dengan kegiatan yang penting diwaktu yang sama dan tidak bisa ditinggalkan.

Terpisah Ketua Kelompok Budidaya Ikan Sehati Noldy Johan Awuy, kepada sejumlah wartawan mengatakan, kelompok sehati sudah 3 Tahun Berdiri dan melakukan budidaya dengan berbagai inovasi.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara yang sudah memberikan bantuan alat penunjang budidaya ikan air tawar. Ini sangat membantu kami dalam pengembangan usaha yang lebih baik ke depan,” ujar Awuy.

Sementara itu Kadis DKP Minut Jack Paruntu SE mengatakan Pemkab Minut sejak di Pimpin oleh Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung sangat memperhatikan dukungan pendanaan dan peralatan bagi sektor Perikanan dan Kelautan, baik dana APBD Minut maupun hasil loby di Kementrian serta pemerintah pusat lainya.

Baca juga:  Lakukan Kunker ke Rusia, Gubernur Olly Jadi Narsum pada EEF di Moskow

“Para nelayan dan pengurus kelompok  peternak ikan air tawar sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian dan Kepedulian Bupati Joune Ganda bagi pengembangan usaha, termasuk solusi pemasaran hasil mereka selama ini,” beber  Paruntu.

Kegiatan tersebut diatas turut dihadiri oleh Kadis DLH Minut Marthen Sumampouw, Kadis Disperkim Minut Donal Tintingon, Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Minut Arnolus Wolajan, Sekdis DKP Ryke A A Lucas, Camat Airmadidi, Lurah Airmadidi Bawah Lucky Rumayar dan anggota Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Sehati serta para penyuluh perikanan. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *