Tak Ada Perhatian Pemerintah, Eks Ketua Kawanua Washington USA Joseph Katuuk Pantouw Perbaiki Irigasi Umum Bantu Masyarakat Dari Kekeringan

oleh

Minahasa Utara, www.inspirasikawanua.com – Akibat proyek pemerintah yang diduga asal jadi, dan tanpa perencanaan yang matang, menyebabkan aliran air ke irigasi umum yang mengalirkan air hingga ke pemukiman masyarakat kampung Patar, desa Karegesan, Kecamatan Kauditan, mengalami kekeringan dan mengakibatkan ikan-ikan ternak harus mati dan mengalami gagal panen.

Berdasarkan hal tersebut dan karena tidak adanya perhatian pemerintah, maka mantan Ketua Kawanua Washington USA Opa Joseph Katuuk Pantouw, yang berkunjung ke tanah air Indonesia yang juga merupakan putra Asli Karegesan merasa tergerak hati  perlu berbuat untuk desa tercinta.

Baca juga:  Hebat, Neraca Perdagangan Sulut Surplus US$ 118,26 Juta

Dengan mengunakan dana pribadinya tanpa menunggu bantuan pemerintah, Opa Joseph Katuuk Pantouw langsung segera memperbaiki irigasi tersebut dan membuka sumber air untuk dialirkan ke pemukiman warga kampung Patar desa Karegesan.

Terinformasi sudah tiga bulan masyarakat kampung Patar mengalami kekeringan akibat jalur irigasi ke pemukiman tidak dialiri air. Dan selama itu juga tidak ada tindakan dari pemerintah baik desa maupun kabupaten.

“Jadi saat  saya (Opa Joseph Katuuk Pantouw) terjun langsung periksa sumber masalah tersebut kemudian saya langsung berusaha perbaiki dengan tenaga saya dan menggunakan beberapa pekerja yang saya biayai agar airnya segera jalan sebelum saya  balik ke Amerika beberapa hari lagi,” beber pria yang sudah 35 tahun tinggal di Seattle, Washington ini.

Baca juga:  Bersumber Dandes Tahap II 2023, Pemdes Lantung Bangun Dapur Polindes

 Ditambahkan Opa Joseph perbaikan yang dia lakukan ini bukan untuk dirinya tetapi diperuntukkan untuk anak cucunya nanti.

“Besar harapan saya Pemerintah dalam hal ini desa maupun kabupaten agar lebih pekah dalam melihat permasalahan yang ada di masyarakat dan segera mencarikan solusi agar tidak membuat masyarakat sengsara,” tutup putra asli Tonsea itu yang digadang-gadang maju di pemilihan Hukum Tua desa Karegesan 2025 nanti. (Josua)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *